| Kode Mata Kuliah | DS5033 / 3 SKS |
|---|
| Penyelenggara | 271 - Desain / FSRD |
|---|
| Kategori | Kuliah |
|---|
| Bahasa Indonesia | English |
|---|
| Nama Mata Kuliah | Pengembangan Komunitas & Industri Kreatif | Community Development and Creative Industries |
|---|
| Bahan Kajian | - Ekosistem Kota Kreatif
- Prinsip Kota Masa Depan
- Studi kasus peran pemerintah & komunitas dalam perencanaan dan pengembangan kota inklusif
- Potensi inisiatif komunitas (community initiative) dan desain model partisipatif untuk pengembangan industri kreatif
|
|
|---|
| Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK) | - Mahasiswa mampu mendiseminasikan penelitian di bidang desain untuk pengembangan komunitas dan industri kreatif melalui sebuah artikel ilmiah
- Mampu menganalisis kasus/permasalahan yang berkaitan dengan komunitas dan industri kreatif di sekitarnya melalui analisis teori dan prinsip kota kreatif
- Mampu menawarkan solusi dengan pendekatan desain untuk menyelesaikan kasus/permasalahan yang berkaitan dengan komunitas dan industri kreatif di sekitarnya.
- Mampu melakukan penelitian berkaitan dengan pengembangan komunitas dan industri kreatif secara berkelompok
- Mampu menjadikan aspek-aspek sumber daya (manusia, alam, budaya, lingkungan, dsb.) sebagai inspirasi dalam membangun keterampilan dan kapasitas, budaya kerja, kemampuan berinovasi, dan segmen pasar untuk pengembangan komunitas dan industri kreatif
|
|
|---|
| Metode Pembelajaran | Ceramah, Diskusi, Collaborative Learning, Studi Kasus | |
|---|
| Modalitas Pembelajaran | Case method, team-based project; luring, individual (berkolaborasi dengan mitra); kuliah, responsi, tutorial dan praktik lapangan | |
|---|
| Jenis Nilai | ABCDE |
|---|
| Metode Penilaian | 10% Kehadiran
30% UTS: proposal project kelompok (teknis & konten/substansi)
20% Presentasi kemajuan project kelompok (perencanaan & perancangan solusi)
40% UAS: kompilasi laporan project tercetak & terjilid (teknis & konten/substansi) | |
|---|
| Catatan Tambahan | Komponen penilaian:
Kehadiran, presentasi, UTS, UAS | |
|---|