Kode Mata KuliahDK2001 / 4 SKS
Penyelenggara174 - Desain Komunikasi Visual / FSRD
KategoriKuliah
Bahasa IndonesiaEnglish
Nama Mata KuliahDesain Komunikasi Visual 1Visual Communication Design 1
Bahan Kajian
  1. Introduksi Desain Media pada Permukaan dan Layar
  2. Pengenalan Prinsip Gestalt dan aplikasinya di media permukaan dan layar
  3. Simplifikasi & Abstraksi visual
  4. Simbol & Asosiasi Visual
  5. Modularity & Grid System
  6. Implementasi pra-produski dan produksi pada desain media permukaan & layar
  1. An Introduction to Media Design on Surfaces and Screens
  2. Introduction to Gestalt Principles and their application to surface and screen media
  3. Visual Simplification & Abstraction
  4. Symbols & Visual Associations
  5. Modularity & Grid Systems
  6. Implementation of design Pre-production and production on surface and screen media
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)
  1. 1. Mampu memahami pengetahuan dan wawasan umum tentang dasar-dasar desain media pada permukaan dan layar, yang mencakup: prinsip gestalt, kemampuan representasi visual, makna visual, sistem grid, dan proses pra produksi maupun proses produksi di desain media pada permukaan dan layar.
  2. 2. Mampu menerapkan prinsip gestalt, kemampuan representasi visual, makna visual, sistem grid, dan proses pra produksi maupun proses produksi melalui perancangan desain media pada permukaan dan layar.
  3. 3. Mampu menerapkan media dan teknologi cetak maupun digital dalam perancangan desain media pada permukaan dan layar.
  4. 4. Mampu menggali dan mengimplementasikan khasanah budaya nusantara sebagai inspirasi perancangan desain media pada permukaan dan layar.
  5. 5. Mampu merepresentasikan gagasan dan rancangan komunikasi visual dalam media permukaan dan layar.
  6. 6. Mampu menerapkan gagasan dan rancangan komunikasi visual sesuai pesan dan khalayak sasaran yang dituju melalui desain media pada permukaan dan layar.
  7. 7. Mampu mendemontrasikan kepemimpinan, dan kemampuan kolaborasi dalam menyelesaikan permasalahan melalui perancangan desain media pada permukaan dan layar.
  1. 1. Able to understand general knowledge and insights into the fundamentals of media design for surfaces and screens, including: gestalt principles, visual representation skills, visual meaning, grid systems, and both pre-production and production processes in media design for surfaces and screens.
  2. 2. Able to apply gestalt principles, visual representation skills, visual meaning, grid systems, and both pre-production and production processes through media design for surfaces and screens.
  3. 3. Able to apply both print and digital media and technology in media design for surfaces and screens.
  4. 4. Able to explore and implement the cultural heritage of the Indonesian archipelago as inspiration for media design on surfaces and screens.
  5. 5. Able to represent ideas and visual communication designs in surface and screen media.
  6. 6. Able to apply ideas and visual communication designs according to the intended message and target audience through media design for surfaces and screens.
  7. 7. Able to demonstrate leadership and collaboration skills in solving problems through media design for surfaces and screens.
Metode PembelajaranCeramah/ Kuliah Tamu Diskusi Collaborative Learning Studi Kasus
Modalitas Pembelajaranhybrid
Jenis NilaiABCDE
Metode PenilaianUTS:10% , UAS:10% , Tugas Praktika:75% , Keaktifan: 5%
Catatan Tambahan