Kode Mata KuliahDK2210 / 3 SKS
Penyelenggara174 - Desain Komunikasi Visual / FSRD
KategoriKuliah
Bahasa IndonesiaEnglish
Nama Mata KuliahAnimasi KarakterCharacter Animation
Bahan Kajian
  1. Pengantar Animasi: Pengertian, kategori, dan proses produksi animasi.
  2. Ragam film animasi
  3. Proses Pra-produksi animasi
  4. Narasi dan Desain Karakter untuk animasi
  5. Storyboarding dalam Animasi
  6. Pengenalan 12 Prinsip Animasi
  7. Menyusun animation bible untuk karya animasi karakter
  8. Merancang dan membuat animasi karakter sederhana melalui penerapan satu atau lebih 12 prinsip animasi
  1. Introduction to Animation: Definition, categories, and animation production process.
  2. Various types of animated films
  3. Animation pre-production process
  4. Narrative and Character Design for animation
  5. Storyboarding in Animation
  6. Introduction to the 12 Principles of Animation
  7. Developing an animation bible for character animation work
  8. Designing and creating simple character animations by applying one or more of the 12 principles of animation
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)
  1. 1. Mampu memanfaatkan media dan teknologi berkembang seperti digital media dan mix media dalam perancangan animasi karakter sederhana.
  2. 2. Memiliki wawasan dan pengetahuan terkait perkembangan teknologi dan media animasi.
  3. 3. Mampu menerapkan satu atau lebih 12 prinsip animasi dalam wujud animasi karakter sederhana.
  4. 4. Mampu menyusun proses perancangan animasi karakter sederhana dalam wujud animation bible.
  5. 5. Mampu melakukan pembagian tugas yang berimbang dalam proses praprodukis, produksi dan pascaproduksi animasi karakter melalui kolaborasi kelompok.
  1. 1. Able to utilize evolving media and technology such as digital media and mixed media in designing simple character animations.
  2. 2. Possess insights and knowledge related to the development of animation technology and media.
  3. 3. Able to apply one or more of the 12 principles of animation in the creation of simple character animations.
  4. 4. Able to organize the process of designing simple character animations in the form of an animation bible.
  5. 5. Able to perform balanced task division in the pre-production, production, and post-production processes of character animation through group collaboration.
Metode PembelajaranCeramah/ Kuliah Tamu Diskusi Studi Kasus
Modalitas Pembelajaranhybrid
Jenis NilaiABCDE
Metode PenilaianUTS:10% , UAS:10% , Tugas Proyek:75% , Keaktifan: 5%
Catatan Tambahan