Kode Mata Kuliah | KR2201 / 3 SKS |
---|
Penyelenggara | 172 - Craft / FSRD |
---|
Kategori | Lecture |
---|
| Bahasa Indonesia | English |
---|
Nama Mata Kuliah | Teknik Pewarnaan | Coloration Techniques |
---|
Bahan Kajian | - TM3
Teknik Pengotahan Material
- ST1
Konseptualisasi
- ST2
Eksplorasi/Eksperimentasi
- ST4
Proses Kreatif/Proses Produksi
- TO1 - Sejarah Seni/Desain
- TO2 - Tinjauan Seni/Desain
| - TM3 - Material Processing Technology
- ST1 - Conceptualization
- ST2 - Exploration/Experimentation
- ST4 - Creative Process/Production Process
- TO1 - Art/Design History
- TO2 - Art/Design Review
|
---|
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK) | - Mampu meningkatkan pengetahuan teoritik dan praktik di bidang kriya
- Mampu mengidentifikasi dan menjelaskan tentang keilmuan kriya
- Mampu mengaktualisasikan diri melanjutkan studi ke jenjang yang lebih lanjut
| - Able to improve theoretical and practical knowledge in the field of crafts
- Able to identify and explain about the science of crafts
- Able to self-actualize to continue their studies to further levels
|
---|
Metode Pembelajaran | Ceramah/ Kuliah Dosen Tamu
Diskusi | Guest Lecturer/Lecture
Discussion |
---|
Modalitas Pembelajaran | Sinkronik | Synchronic |
---|
Jenis Nilai | ABCDE |
---|
Metode Penilaian | Weighted | Weighted |
---|
Catatan Tambahan | Mata kuliah ini diperkenalkan secara teoritis maupun praktek berbagai pengetahuan proses produksi tekstil celup rintang, yang berbasis pada tradisi tekstil Indonesia. Diberikan pula pengantar tentang pembatikan, pertenunan ikat, tie dye di Indonesia dan pengetahuan tentang material pendukungnya. Pengetahuan dan perancangan kain dengan proses celup ikat serta pemanfaatan dan peluang-peluang yang ada di dalamnya. Penekanan pada teknik dan proses pembuatan tekstil dan keramik, serta material lainnya | This course introduces the theoretical and practical knowledge of textile dyeing manufacturing process, based on Indonesia textile traditions it also gives an introduction of batik process, weaving, tie dye in Indonesia, and futher knowledge of those supporting materials. |
---|