Kode Mata KuliahMS3105 / 2 SKS
Penyelenggara131 - Teknik Mesin / FTMD
KategoriKuliah
Bahasa IndonesiaEnglish
Nama Mata KuliahInstrumentasi, Pengukuran, dan EksperimenInstrumentation, Measurement, and Experiment
Bahan Kajian
  1. Pengantar
  2. Elemen Dasar Sistem Pengukuran
  3. Karakteristik Sistematik Sistem Pengukuran: rentang, jangkauan, linearitas, nonlinearitas, sensitivitas, resolusi, efek lingkungan (modifying dan interfering), histeresis, penuaan, aus, error band.
  4. Karakteristik Statistik Sistem Pengukuran: Nilai rata-rata, Standar deviasi, Kurva distribusi normal, dan Perambatan kesalahan statistik
  5. Karakteristik dinamika sistem pengkuran: Fungsi alih, FRF, dan Bandwidth
  6. Model umum sistem pengkuran
  7. Jenis dan Prinsip Kerja Berbagai Macam Sensor: Sensor mekanik: posisi, kecepatan, speedometer, percepatan, tekanan, gaya. Sensor aliran: venturimeter, baji, rotameter, tabung pitot, vortex, turbin, sensor aliran dengan pemanas, magnetik, ultrasonik, nutating disk, baling-baling, roda gigi. Sensor optik: tachometer, enkoder optik (absolut dan inkremental). Sensor induktif dan kapasitif. Sensor dopler. Sensor temperatur: termokopel, thermistor, RTD, LM35
  8. Pendahuluan tentang Konsep dan Filosofi Desain dan Rekayasa Sistem Mekanikal dan Termofluida. Contoh-contoh dan Fungsi Sistem Mekanikal dan Termofluida (Alat transport di industri dan bangunan gedung, Sistem plambing, Sistem Udara Tekan dan Gas industri, Sistem Pemadam Kebakaran Berbasis Air, Sistem Ventilasi dan Pengondisian Udara). Pengenalan penggambaran sistem (diagram skematik sistem dan peralatan utama, penjelasan fungsi dan manfaat sistem).
  9. Review tentang Energi, Konversi Energi dan Aliran Fluida serta Pengenalan Standard-standard (SNI, NFPA, ASTM yang relevan)
  10. Perancangan dan Pemilihan Peralatan Sistem Transportasi Material dan Orang di Industri dan Bangunan Gedung (Conveyor, Elevator, Eskalator dan Travelator)
  11. Perancangan dan Pemilihan Peralatan Sistem Plambing Bangunan Gedung (sistem penyediaan air bersih dan pembuangan air kotor dan kotoran)
  12. Perancangan dan Pemilihan Peralatan Sistem Gas Industri dan Udara Tekan (termasuk pemilihan kompresor dan tangki tekan untuk penyimpanan gas/udara)
  13. Perancangan dan Pemilihan Peralatan Sistem Pemadam Kebakaran Berbasis Air (Sprinkler dan Hidrant termasuk pompa-pompa dan sistem kontrol otomatik)
  14. Rewiew Psikrometrik, Pendahuluan Sistem Ventilasi dan Pengondisian (pengertian thermal comfort, indoor air quality dan aplikasinya termasuk pada bangunan khusus seperti ruang OK Rumah sakit, clean room dan lain-lain)
  15. Perhitungan Estimasi beban pendinginan, termasuk penggunaan software terkait dan penggambaran profil beban pendinginan.
  16. Pengenalan Paralatan Utama Sistem Pengondisian Udara (review siklus reversed Carnot, Sistem Absorbsi, Refrijeran dan Lingkungan Hidup, Peralatan Sistem AC dan ventilasi termasuk Fan, AC window, AC split, Multi Split AC, AC Sistem Sentral Air & Water Cooled, dan peralatan pendukungnya seperti pompa dan cooling tower).
  17. Desain, Perhitungan dan Pemilihan Peralatan Sistem Distribusi Udara (AHU, FCU, Fan, Ducting, sistem kontrol termasuk constant dan variable flows)
  18. Desain, Perhitungan dan Pemilihan Peralatan Sistem Distribusi Air Sejuk dan Air Pendingin Kondensor (Cooling Tower, Pompa, Pemipaan, sistem kontrol two and three ways valves termasuk constant dan variable flows)
  19. Perancangan sistem kontrol kondisi udara di dalam ruangan (peralatan, fungsi peralatan dan penggambaran) dan analisis psikrometrik terkait.
    Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)
    1. Mahasiswa memahami elemen dasar dan konsep dasar pengukuran.
    2. Mahasiswa memahami karakteristik statik (karakteristik sistematik dan karakteristik statistik) sistem pengukuran.
    3. Mahasiswa mengetahui jenis dan cara kerja berbabagi macam sensor seperti: sensor posisi, sensor kecepatan, sensor percepatan, sensor gaya, sensor tekanan, sensor temperatur, dan sensor laju aliran fluida.
    4. Mahasiswa memahami konsep dasar akuisisi data.
      Metode PembelajaranKombinasi ceramah, diskusi kelompok, praktikum dan studi kasusCombination of lecture, group discussion, practiccum, and case study
      Modalitas PembelajaranLuring, sinkron, mandiriOffline, synchronous, independent
      Jenis NilaiABCDE
      Metode PenilaianUTS1 35% UTS2 35% Tugas dan quiz 15% Praktikum 15% UAS sebagai perbaikan1st midterm exam (35%), 2nd midterm exam (35%), homework and quiz (15%), and collaborative learning (15%), final exam as remedial
      Catatan Tambahan