Kode Mata KuliahMS4092 / 3 SKS
Penyelenggara131 - Teknik Mesin / FTMD
KategoriTugas Akhir / Tesis / Disertasi
Bahasa IndonesiaEnglish
Nama Mata KuliahTugas Sarjana 2 dan Ujian KomprehensifUndergraduate Thesis 2 and Comprehensive Examination
Bahan Kajian
  1. Panduan penulisan laporan tugas akhir
  2. Metode penelitian
  3. Etika dalam bidang rekayasa
  4. Penyusunan rencana penelitian/proyek
    Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)
    1. Mahasiswa mampu merencanakan metodologi dan jadwal penelitian yang mendukung topik Tugas Akhir-nya, mampu memberikan analisis terhadap data yang telah didapat pada Tugas Akhir, menggunakan konsep/teori/ilmu yang telah didapat pada perkuliahan dan dapat menghubungkan hasil analisa yang telah didapatkan dengan perumusan masalah yang telah dibuat.
    2. Mahasiswa mampu menggunakan persamaan/komponen yang digunakan dalam proses perancangan, membuat diagram alur/proses deain, mampu memilih persamaan/komponen yang digunakan dalam proses perancangan, dan mampu merancang/memproduksi produk yang sesuai dengan kebutuhan yang telah dinyatakan pada Tugas Sarjana 1
    3. Mahasiswa mengetahui tata cara tulis dokumen tugas akhir dan dapat menuliskan dokumen tugas akhir sesuai dengan aturan dan format yang telah diberikan.
    4. Mahasiswa mampu membuat laporan kemajuan sesuai dengan jadwal yang telah diberikan dan dapat menyelesaikan tugas akhir sesuai dengan timeline yang telah dibuat.
    5. Mahasiswa mampu memilih variabel bebas dan tetap dalam eksperimen, mampu membuat diagram alur proses eksperimen, mampu melaksanakan eksperimen sesuai dengan alur proses yang telah dirancang dan mampu melakukan pengolahan data, menganalisis, serta memberikan kesimpulan sesuai dengan data yang didapat.
    6. Mahasiswa mampu menentukan dan menggunakan alat bantu yang belum pernah diperkenalkan pada kegiatan perkuliahan pada penelitiannya (baik berupa software/hardware) dan mampu mencari data pendukung yang relevan dengan topik tugas akhir.
      Metode PembelajaranTatap muka dan mandiriFace-to-face class and independent
      Modalitas PembelajaranDiskusi dengan pembimbing, studi literatur mandiri, kegiatan di labDiscussion with supervisor, independent study, laboratory activity
      Jenis NilaiABCDE
      Metode PenilaianKemajuan tugas akhir Penilaian pembimbing Laporan tugas akhir Nilai sidang proposal dari pengujiProgress of undergraduate thesis, Score from supervisor, Undergradute thesis report, Score from defencefrom examiner
      Catatan Tambahan