| Kode Mata Kuliah | DP2002 / 5 SKS |
|---|
| Penyelenggara | 175 - Product Design / FSRD |
|---|
| Kategori | Lecture |
|---|
| Bahasa Indonesia | English |
|---|
| Nama Mata Kuliah | Desain Produk II | Industrial Design II |
|---|
| Bahan Kajian | - Metode dalam memahami dan mengidentifikasi permasalahan, peluang, dan atau kebutuhan penggunaan produk.
- Berbagai prinsip sains dan rekayasa, serta penerapannya pada produk.
- Metode eksperimen dan pendekatan empirik dalam menghasilkan ide pemecahan masalah dan konsep desain dari produknya.
- Berbagai alternatif teknik dan proses produksi dalam pembuatan komponen dan atau produk.
- Visualisasi proses desain, deskripsi, dan dokumentasi hasil perancangan dari Tugas Kuliah.
|
|
|---|
| Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK) | - Mahasiswa mampu mengamati dan memahami permasalahan, peluang dan atau kebutuhan yang berkaitan dengan penggunaan alat dan atau mesin sederhana untuk fungsi praktis tertentu.
- Mahasiswa mampu menggunakan peralatan dasar dan mesin sederhana untuk kebutuhan proses eksperimen dan coba ralat untuk memahami prinsip-prinsip sains dan rekayasa.
- Mahasiswa mampu memahami prinsip-prinsip dasar rekayasa dan mampu menerapkannya pada suatu produk sederhana yang menekankan pada fungsi praktis tertentu secara teoretis dan empiris.
- Mahasiswa memiliki kemampuan visualisasi secara manual (freehand sketching) dalam proses pengembangan desain, presentasi gagasan, dan konsep desain, serta dokumentasi produk hasil desain.
- Mahasiswa mampu menerapkan prinsip-prinsip dasar ergonomi dalam produk hasil rancangannya.
- Mahasiswa mampu menelusuri, mendapatkan, dan menganalisi data dan rujukan teoretis dan atau empiris secara spesifik dan komprehensif dari sumber yang kredibel, terkait dengan tema perancangan produk desainnya.
|
|
|---|
| Metode Pembelajaran | Pembelajaran kelas, kombinasi ceramah dan diskusi, pembelajaran kolaboratif, pembelajaran berbasis masalah dan studi kasus, eksperimen dan coba ralat. | |
|---|
| Modalitas Pembelajaran | Luring dan bauran; Individual dan kelompok. | |
|---|
| Jenis Nilai | ABCDE |
|---|
| Metode Penilaian | Kuis, UTS Teori, UAS Teori, dan Tugas Perancangan dan Pembuatan Produk;
Nilai yang digunakan merupakan nilai relatif berdasarkan nilai tertinggi yang telah dicapai oleh peserta kelas yang akan menjadi standar bagi nilai peserta lainnya. | |
|---|
| Catatan Tambahan | | |
|---|