Kode Mata KuliahDP4092 / 6 SKS
Penyelenggara175 - Desain Produk / FSRD
KategoriTugas Akhir / Tesis / Disertasi
Bahasa IndonesiaEnglish
Nama Mata KuliahTugas Akhir Desain ProdukFinal Project of Industrial Design
Bahan Kajian
  1. Pemahaman mengenai perancangan secara komprehensif
  2. Pemahaman terhadap permasalahan yang diangkat
  3. Perancangan produk
    Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)
    1. 1. Mampu merancang produk atau sistem yang inovatif dan berkelanjutan, mulai dari investigasi masalah, eksplorasi ide yang kreatif, hingga identifikasi solusi yang relevan dan efektif, dengan memanfaatkan alat-alat desain digital dan teknik fabrikasi canggih; CPL 01; dimensi 2.6 Plan, 1.1. Mampu merancang produk berdasarkan permasalahan yang diangkat secara kreatif dan inovatif 1.2.Mampu mellihat permasalahan secara komprehensip dengan memanfaatkan teknologi yang tepat sesuai dengan jamannya.
    2. 2. Mampu menerapkan pengetahuan riset desain untuk mengkaji, mengevaluasi dan menjelaskan obyek desain secara sistematis; CPL 03; dimensi 4.2 Execute 2.1. Mampu menghasilkan desain yang baik melalui metode yang benar
    3. 3. Mampu mengkomunikasikan konsep desain secara efektif dan kreatif melalui berbagai medium (visual, verbal, dan tekstual), memastikan gagasan desain dapat dipahami oleh berbagai audiens, termasuk para stakeholder dan pelanggan; CPL 04; dimensi 4.3 Construct: 3.1.Mampu menterjemahkan konsep desain dari permasalahan yang diangkat sbaik secara visual atau verbal 3.2. Mampu mengkomunikasikan desain secara visual yang sesuai dengan permasalahan yang diangkat
    4. 4. Menguasai metodologi perancangan yang komprehensif, mulai dari konsepsi hingga implementasi, dengan menerapkan pengetahuan tentang bahan, proses, dan durabilitas produk dalam menciptakan solusi yang praktis dan inovatif; CPL 07; dimensi 2.4 Experiment: 4.1.Mampu menerapkan metode desain dengan menghasilkan beberapa alternatif desain 4.2. Mampu melakukan ujicoba-ujicoba desain dengan memanfaatkan material yang sesuai
      Metode Pembelajaran20% Pembelajaran kelas (classroom) dan 80% Pembelajaran berbasis proyek (project-based learning)
      Modalitas PembelajaranBauran, sinkron
      Jenis NilaiABCDE
      Metode PenilaianSidang Preview I (30%), Sidang Preview II(30%), Sidang Akhir(40%)
      Catatan Tambahan