Kode Mata Kuliah | DP3113 / 3 SKS |
---|
Penyelenggara | 175 - Desain Produk / FSRD |
---|
Kategori | Kuliah |
---|
| Bahasa Indonesia | English |
---|
Nama Mata Kuliah | Desain Konseptual | Conceptual Design |
---|
Bahan Kajian | - Kebutuhan dan Isu Masa Depan:
1. Analisis kebutuhan manusia di masa depan
2. Identifikasi isu-isu global yang mempengaruhi desain
- Tren Desain Masa Depan:
1. Studi tren desain masa depan berdasarkan data dan penelitian
2. Inovasi dan gagasan baru dalam perancangan desain
- Desain Spekulatif:
1. Konsep dan pendekatan dalam desain spekulatif
2. Studi kasus desain spekulatif yang berhasil
- Metodologi Perancangan untuk Masa Depan:
1. Metode penelitian dan analisis untuk memahami tren dan kebutuhan masa depan
2. Proses kreatif dalam merancang konsep desain inovatif
- Presentasi dan Dokumentasi Desain Konseptual
|
|
---|
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK) | - Mampu menguraikan konsep-konsep dasar terkait kebutuhan manusia di masa depan (Dimensi 2.1 Describe)
- Mampu menganalisis persoalan-persoalan yang kemungkinan terjadi di masa depan (Dimensi 2.5 Assess)
- CPMK 1.3: Mampu mengkaji tren desain masa depan berdasarkan penelitian dan data yang relevan (Dimensi 2.4 Explain)
- Mampu merancang desain spekulatif yang inovatif untuk masa depan (Dimensi 2.6 Plan)
- Mampu menyusun konsep desain baru yang relevan dengan tren masa depan (Dimensi 2.3 Apply)
- Mampu mempresentasikan hasil rancangan konsep desain masa depan secara visual, verbal, dan tekstual (Dimensi 2.4 Explain)
- CPMK 3.1: Mampu melakukan kegiatan studi lapangan sebagai bagian dari praktikum untuk mengaplikasikan teori ke dalam bentuk sketsa, model, dan produk/desain yang dibuat secara berkelompok (Dimensi 2.6 Plan)
- CPMK 3.2: Mampu mewujudkan gagasan hasil rancangan dan konsep ke dalam bentuk sketsa, model, dan produk/desain yang dibuat secara berkelompok (Dimensi 2.6 Plan)
|
|
---|
Metode Pembelajaran | (1) Pemaparan Teori: Dosen memberikan penjelasan teori menggunakan slide presentasi untuk memperkenalkan konsep dasar dan topik yang relevan.
(2) Diskusi: Mahasiswa berdiskusi dalam kelompok kecil untuk bertukar pandangan dan menyelesaikan tugas-tugas yang diberikan.
(3) Studi Lapangan: Mahasiswa melakukan kunjungan lapangan untuk mengamati tren desain dan kebutuhan masa depan secara langsung.
(4) Praktikum: Mahasiswa melakukan praktikum untuk mengaplikasikan teori yang telah dipelajari dalam bentuk sketsa dan model.
(5) Presentasi Proyek: Mahasiswa mempresentasikan hasil tugas atau proyek yang telah mereka kerjakan di depan kelas. | |
---|
Modalitas Pembelajaran | Luring (Offline): Kuliah tatap muka, praktikum, dan presentasi.
Daring (Online): Diskusi online, pengumpulan tugas melalui platform e-learning. | |
---|
Jenis Nilai | ABCDE |
---|
Metode Penilaian | (1) Kehadiran & partisipasi: Penilaian berdasarkan kehadiran dan asistensi mahasiswa (10%)
(2) Tugas Kelompok: Penilaian berdasarkan kualitas dan ketepatan waktu penyelesaian tugas-tugas individual (30%).
(3) Ujian Tengah Semester (UTS): Penilaian kemampuan pemahaman teori dan aplikasi konsep yang telah diajarkan (30%).
(4) Ujian Akhir Semester (UAS): Penilaian keseluruhan kemampuan mahasiswa dalam memahami dan mengaplikasikan materi yang diajarkan (30%). | |
---|
Catatan Tambahan | | |
---|