Kode Mata KuliahDP3222 / 3 SKS
Penyelenggara175 - Desain Produk / FSRD
KategoriKuliah
Bahasa IndonesiaEnglish
Nama Mata KuliahBerpikir Desain dan Inovasi IDesign Thinking and Innovation I
Bahan Kajian
  1. Kelley, Tom, Creative Confidence: Unleashing the Creative Potential Within Us All, Crown Business, 2013
  2. Berger, Warren, CAD Monkeys, Dinosaur Babies and T-Shaped People: Inside the World of Design Thinking and How It Can Spark Creativity and Innovation, Penguin Books, 2010
  3. Brown, Tim, Change by Design: How Design Thinking Transforms Organizations and Inspires Innovation, HarperBusiness, 2009
  4. IDEO, Human Centered Design Toolkit, IDEO, 2009
    Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)
    1. Mampu menerapkan berbagai metode kajian obyek desain berbasis pendekatan semantika produk secara sistematis (2.3 Experiment)
    2. Mampu menyampaikan hasil kajian obyek desain menggunakan media visual dengan baik (dimensi 2.4 Explain)
    3. Mampu mengkaji dan menyesuaikan penyampaian gagasan, konsep, dan/atau hasil kajian obyek desain secara verbal dengan baik (dimensi 2.5 Assess)
    4. Mampu menyusun hasil kajian semantika produk secara tertulis dengan struktur kalimat yang baik dan mudah dipahami (dimensi 2.6 Plan)
    5. Mampu melaksanakan proses diskusi dalam kelompok secara mandiri (dimensi 2.5 Assess)
    6. Mampu merencanakan dan menjalankan tugas kelompok bersama-sama secara bertanggungjawab (dimensi 2.6 Plan)
      Metode PembelajaranRole Play & Simulation, Discovery Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project-based Learning
      Modalitas PembelajaranCase method, team-based project; luring, kelompok; kuliah, responsi, tutorial dan praktik lapangan
      Jenis NilaiABCDE
      Metode Penilaian10% Kehadiran 30% UTS: proposal project kelompok (teknis & konten/substansi) 20% Presentasi kemajuan project kelompok (perencanaan & perancangan solusi) 40% UAS: kompilasi laporan project tercetak & terjilid (teknis & konten/substansi)
      Catatan Tambahan