Kode Mata KuliahSI5099 / 3 SKS
Penyelenggara250 - Teknik Sipil / FTSL
KategoriTugas Akhir / Tesis / Disertasi
Bahasa IndonesiaEnglish
Nama Mata KuliahSeminar ProposalProposal Seminar
Bahan Kajian
  1. Penulisan Latar Belakang Penelitian
  2. Perumusan Masalah dan Tujuan Penelitian
  3. Studi Literatur dan Tinjauan Pustaka
  4. Teknik Presentasi Proposal Penelitian
  1. Writing Research Background
  2. Problem Formulation and Research Objectives
  3. Literature Study and Literature Review
  4. Research Proposal Presentation Techniques
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)
  1. Mampu mengembangkan dan terus memperbarui ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang Teknik Sipil yang dipilih dengan cara menguasai dan memahami pendekatan, metoda, kaidah ilmiah, disertai keterampilan penerapannya dalam bentuk proposal penelitian
  2. Mampu merancang dan melakukan eksperimen atau penelitian di bidang Teknik Sipil, melakukan analisis, serta menginterpretasi dan mempresentasikan data dalam bentuk proposal penelitian
  3. Mampu mengidentifikasi, memformulasikan, dan menyelesaikan masalah Teknik Sipil (terutama mendefinisikan ruang lingkup masalah) dalam sistem proses yang kompleks dalam bentuk proposal penelitian
  4. Mampu mengembangkan kinerja profesional yang ditunjukkan dengan ketajaman analisis masalah, keserbacukupan tinjauan, kepaduan pemecahan masalah atau profesi yang serupa dalam bentuk proposal penelitian
  5. Mampu merancang sistem, proses-proses, ataupun komponen-komponen Teknik Sipil yang kompleks sesuai kebutuhan dalam bentuk proposal penelitian
  6. Mampu memiliki pengetahuan dan pemahaman yang luas mengenai implikasi dari profesi rekayasa sipil dalam konteks global serta berhubungan secara efektif terhadap isu-isu terkini seperti perkembangan teknologi, dampak lingkungan, dan analisis siklus hidup dalam bentuk proposal penelitian
  1. Able to develop and continue to update science and technology in the chosen field of Civil Engineering by mastering and understanding scientific approaches, methods, principles, accompanied by skills in applying them in the form of research proposals
  2. Able to design and conduct experiments or research in the field of Civil Engineering, carry out analysis, as well as interpret and present data in the form of research proposals
  3. Able to identify, formulate and solve Civil Engineering problems (especially defining the scope of the problem) in complex process systems in the form of research proposals
  4. Able to develop professional performance as demonstrated by sharpness of problem analysis, adequacy of review, cohesiveness of problem solving or similar professions in the form of research proposals
  5. Able to design complex Civil Engineering systems, processes or components according to needs in the form of research proposals
  6. Able to have broad knowledge and understanding of the implications of the civil engineering profession in a global context and relate effectively to current issues such as technological developments, environmental impacts, and life cycle analysis in the form of research proposals
Metode PembelajaranPembelajaran mandiri dan Pembelajaran berbasis masalahIndependent Learning and Problem-based Learning
Modalitas PembelajaranLuring / Sinkron / MandiriOffline, Synchronous, Independent
Jenis NilaiABCDE
Metode PenilaianPresentasiPresentation
Catatan Tambahan