| Kode Mata Kuliah | SK5014 / 4 SKS |
|---|
| Penyelenggara | 209 - Sains Komputasi / FMIPA |
|---|
| Kategori | Kuliah |
|---|
| Bahasa Indonesia | English |
|---|
| Nama Mata Kuliah | Pembelajaran Berbasis Berpikir Komputasi | Computational Thinking Education |
|---|
| Bahan Kajian | - Pengantar pembelajaran berbasis berpikir komputasi
- Perancangan pembelajaran berbasis komputasi
- Evaluasi dalam pembelajaran berbasis komputasi
- Pembelajaran berbasis komputasi dalam kurikulum sekolah dasar dan menengah
- Pemanfaatan permainan (games) dalam pembelajaran berbasis komputasi
| - Introduction to learning based on computational thinking
- Computing-based learning design
- Evaluation in computing-based learning
- Computing-based learning in primary and secondary school curricula
- Utilization of games in computing-based learning
|
|---|
| Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK) | - Mahasiswa mampu memahami pembelajaran berbasis berpikir komputasi
- Mahasiswa mampu merancang pembelajaran berbasis komputasi
- Mahasiswa mampu merancang evaluasi dalam pembelajaran berbasis komputasi
- Mahasiswa mampu merancang kurikulum sekolah dasar dan menengah yang memuat pembelajaran berbasis komputasi
- Mahasiswa mampu memanfaatkan permainan dalam pembelajaran berbasis komputasi
- Mahasiswa mampu mengidentifikasi best practices dalam pembelajaran berbasis komputasi dan berkontribusi dalam perbaikan kurikulum yang berkelanjutan
- Mahasiswa mampu mengidentifikasi best practices dalam pembelajaran berbasis komputasi dan berkontribusi dalam perbaikan kurikulum yang berkelanjutan
- Mahasiswa mampu berkomunikasi dan bekerja sama dalam perancangan pembelajaran, evaluasi, dan kurikulum yang berbasis komputasi
- Mahasiswa mampu berkomunikasi dan bekerja sama dalam perancangan pembelajaran, evaluasi, dan kurikulum yang berbasis komputasi
| - Students are able to understand learning based on computational thinking
- Students are able to design computing-based learning
- Students are able to design evaluations in computing-based learning
- Students are able to design primary and secondary school curricula that include computing-based learning
- Students are able to utilize games in computing-based learning
- Students are able to identify best practices in computing-based learning and contribute to continuous curriculum improvement
- Students are able to identify best practices in computing-based learning and contribute to continuous curriculum improvement
- Students are able to communicate and collaborate in computing-based learning, evaluation and curriculum design
- Students are able to communicate and collaborate in computing-based learning, evaluation and curriculum design
|
|---|
| Metode Pembelajaran | Presentasi mahasiswa dalam kelas, studi kasus, kerja kelompok | Student presentations in class, case studies, group work |
|---|
| Modalitas Pembelajaran | Luring/daring/hybrid, sinkronous dan asinkronous | Offline/online/hybrid, synchronous and asynchronous |
|---|
| Jenis Nilai | ABCDE |
|---|
| Metode Penilaian | Penilaian diberikan melalui UTS, Tugas, Diskusi Kelompok, Studi Kasus, Presentasi | Assessment is given through UTS, Assignments, Group Discussions, Case Studies, Presentations |
|---|
| Catatan Tambahan | | |
|---|