Kode Mata Kuliah | ME2104 / 3 SKS |
---|
Penyelenggara | 128 - Meteorologi / FITB |
---|
Kategori | Kuliah |
---|
| Bahasa Indonesia | English |
---|
Nama Mata Kuliah | Meteorologi Dinamik | Dynamical Meteorology |
---|
Bahan Kajian | - Definisi dan formulasi matematika dari besaran fisis yang relevan dengan atmosfer, gaya-gaya fundamental yang bekerja pada atmosfer
- Kuantifikasi gerak atmosfer dalam bentuk persamaan-persamaan pengatur yang diturunkan dari prinsip kekekalan materi dan energi: persamaan momentum, persamaan kontinuitas, persamaan energi termodinamika, beserta berbagai pendekatan yang lazim digunakan dalam kajian Meteorologi
- Persamaan gerak pada koordinat bumi berputar, efek kelengkungan, dan penggunaan koordinat vertikal alternatif
- Analisis skala gerak atmosfer dan penerapan persamaan gerak yang disederhanakan untuk mempelajari pola aliran setimbang
- Stabilitas statik, frekuensi Brunt-Vaisala, dan gerak vertikal atmosfer
- Persamaan angin termal dan atmosfer baroklinik
- Kuantifikasi gerak atmosfer dalam bentuk vortisitas, vortisitas potensial Ertel, vortisitas potensial Rossby, dan pembentukan gelombang Rossby akibat ketakseimbangan vortisitas mutlak
|
|
---|
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK) | - Mahasiswa mampu menghitung persamaan gaya-gaya yang bekerja di atmosfer dan mempengaruhi gerak atmosfer. (C3)
- Mahasiswa mampu menentukan gerak atmosfer dengan menggunakan pendekatan aliran setimbang. (C3)
- Mahasiswa mampu menggunakan konsep dan teknik dasar kuantifikasi gerak atmosfer dalam kerangka teoretis untuk menjelaskan fenomena cuaca dan iklim tertentu yang relevan. (C3)
|
|
---|
Metode Pembelajaran | Ceramah
Diskusi kelompok
Pembelajaran kooperatif
Pembelajaran berbasis masalah | |
---|
Modalitas Pembelajaran | Luring Sinkron
Bauran/Daring Asinkron | |
---|
Jenis Nilai | ABCDE |
---|
Metode Penilaian | Komponen penilaian: Ujian tengah semester (35%), ujian akhir semester (40%), tugas (20%), dan quiz (5%). Skala penilaian: 80-100% A (kompetensi maksimum) 75-80% AB (kompetensi sangat baik) 65-75% B (kompetensi baik) 60-65% BC (kompetensi cukup baik) 55-60% C (kompetensi minimal) 45-54% D (di bawah kompetensi minimum) <45% E (sangat jauh di bawah kompetensi minimum). | |
---|
Catatan Tambahan | | |
---|