Kode Mata Kuliah | ME2204 / 3 SKS |
---|
Penyelenggara | 128 - Meteorologi / FITB |
---|
Kategori | Kuliah |
---|
| Bahasa Indonesia | English |
---|
Nama Mata Kuliah | Pengantar Gelombang Atmosfer | Introduction to Atmospheric Waves |
---|
Bahan Kajian | - Teori sederhana mengenai dinamika lapisan batas yakni teori Ekman dan kaitannya dengan sirkulasi sekunder di dalam troposfer.
- Dinamika gelombang atmosfer, konsep ketakstabilan atmosfer juga dibahas dalam kaitannya dengan gelombang atmosfer dan eddies (olakan) dalam atmosfer
- Teori sirkkulasi umum atmosfer (atmospheric general circulation) dibahas secara sederhana dengan memperkenalkan konsep rerata Euler (Eulerian mean) dan neraca momentum angular Bumi
- Beberapa fenomena dinamika stratosfer, dalam kaitannya dengan transpor minor constituent di dalam atmosfer yang penting perannya di dalam iklim global.
- Dinamika stratosfer di daerah ekuator
|
|
---|
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK) | - Mahasiswa mampu menjelaskan gerak turbulen dan peran fluks turbulen serta keterkaitannya dengan fenomena di lapisan batas (lapisan Ekman, sirkulasi sekunder, dan spin-down) mengguakan persamaan momentum dan parameterisasi turbulensi sederhana. (C2)
- Mahasiswa mampu menjelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi ketidakstabilan hidrodinamik dalam aliran barotropik maupun baroklinik. (C2)
- Mahasiwa mampu menjelaskan sirkulasi umum atmosfer,baik di troposfer maupun di stratosfer, berdasarkan persamaan rerata zonal, rerata Euler, rerata Euler Transformasi, dan neraca momentum angular. (C2)
- Mahasiswa mampu mengaplikasikan metode perturbasi linier dalam menyelesaikan persamaan dinamika atmosfer secara analitik untuk mempelajari gelombang atmosfer (gelombang topografi, inersiagravitas) dan gelombang atmosfer ekuatorial (gelombang Rossby, gelombang Kelvin). (C3)
|
|
---|
Metode Pembelajaran | Ceramah
Diskusi kelompok
Pembelajaran kooperatif
Pembelajaran berbasis masalah | |
---|
Modalitas Pembelajaran | Luring Sinkron
Bauran/Daring Asinkron | |
---|
Jenis Nilai | ABCDE |
---|
Metode Penilaian | Komponen penilaian: Ujian tengah semester (35%), ujian akhir semester (40%), tugas (20%), dan quiz (5%). Skala penilaian: 80-100% A (kompetensi maksimum) 75-80% AB (kompetensi sangat baik) 65-75% B (kompetensi baik) 60-65% BC (kompetensi cukup baik) 55-60% C (kompetensi minimal) 45-54% D (di bawah kompetensi minimum) <45% E (sangat jauh di bawah kompetensi minimum) | |
---|
Catatan Tambahan | | |
---|