| Kode Mata Kuliah | MR2201 / 4 SKS |
|---|
| Penyelenggara | 144 - Manajemen Rekayasa / FTI |
|---|
| Kategori | Kuliah |
|---|
| Bahasa Indonesia | English |
|---|
| Nama Mata Kuliah | Riset Pemasaran | Marketing Research |
|---|
| Bahan Kajian | - Konsep pemasaran
- Prinsip-prinsip, strategi, dan taktik pemasaran
- Tahapan riset pemasaran
- Pendekatan dan metodologi riset pemasaran
- Riset pemasaran dengan data sekunder
- Riset pemasaran dengan data primer: perancangan alat ukur, metode sampling, dan pengumpulan data
- Perangkat analisis data untuk melakukan analisis pasar
- Etika riset pemasaran
|
|
|---|
| Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK) | - Mahasiswa mampu memahami lingkup dan fungsi pemasaran dan riset pemasaran dalam menunjang fungsi pengembangan produk bagi sebuah perusahaan atau organisasi
- Mahasiswa memahami dan mampu merancang tahapan-tahapan perumusan strategi pemasaran berbasis metodologi riset pemasaran
- Mahasiswa mampu menganalisis hasil riset pemasaran dan membuat rekomendasi strategi pemasaran dalam konteks pengembangan produk dengan mempertimbangkan implikasinya pada aspek ekonomi, lingkungan, dan sosial
- Mahasiswa memahami etika dalam melaksanakan kegiatan pemasaran dan riset pemasaran
- Mahasiswa memahami dan mampu merancang riset pemasaran menggunakan data primer secara kualitatif maupun kuantitatif
- Mahasiswa memahami dan mampu menerapkan teknik-teknik pengumpulan dan pengolahan data primer dan sekunder untuk riset pemasaran
|
|
|---|
| Metode Pembelajaran | Ceramah dan diskusi; Tugas terstruktur/latihan soal; Problem Based Learning; Studi kasus | |
|---|
| Modalitas Pembelajaran | Luring; Daring Asinkron | |
|---|
| Jenis Nilai | ABCDE |
|---|
| Metode Penilaian | Kuis; UTS; UAS; Tugas; Proyek | |
|---|
| Catatan Tambahan | | |
|---|