Kode Mata KuliahMR2201 / 4 SKS
Penyelenggara144 - Manajemen Rekayasa / FTI
KategoriKuliah
Bahasa IndonesiaEnglish
Nama Mata KuliahRiset PemasaranMarketing Research
Bahan Kajian
  1. Konsep pemasaran 
  2. Prinsip-prinsip, strategi, dan taktik pemasaran 
  3. Tahapan riset pemasaran 
  4. Pendekatan dan metodologi riset pemasaran 
  5. Riset pemasaran dengan data sekunder 
  6. Riset pemasaran dengan data primer: perancangan alat ukur, metode sampling, dan pengumpulan data 
  7. Perangkat analisis data untuk melakukan analisis pasar 
  8. Etika riset pemasaran 
    Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)
    1. Mahasiswa mampu memahami lingkup dan fungsi pemasaran dan riset pemasaran dalam menunjang fungsi pengembangan produk bagi sebuah perusahaan atau organisasi
    2. Mahasiswa memahami dan mampu merancang tahapan-tahapan perumusan strategi pemasaran berbasis metodologi riset pemasaran
    3. Mahasiswa mampu menganalisis hasil riset pemasaran dan membuat rekomendasi strategi pemasaran dalam konteks pengembangan produk dengan mempertimbangkan implikasinya pada aspek ekonomi, lingkungan, dan sosial
    4. Mahasiswa memahami etika dalam melaksanakan kegiatan pemasaran dan riset pemasaran
    5. Mahasiswa memahami dan mampu merancang riset pemasaran menggunakan data primer secara kualitatif maupun kuantitatif
    6. Mahasiswa memahami dan mampu menerapkan teknik-teknik pengumpulan dan pengolahan data primer dan sekunder untuk riset pemasaran
      Metode PembelajaranCeramah dan diskusi; Tugas terstruktur/latihan soal; Problem Based Learning; Studi kasus
      Modalitas PembelajaranLuring; Daring Asinkron
      Jenis NilaiABCDE
      Metode PenilaianKuis; UTS; UAS; Tugas; Proyek
      Catatan Tambahan