Kode Mata KuliahMR2205 / 2 SKS
Penyelenggara144 - Manajemen Rekayasa / FTI
KategoriKuliah
Bahasa IndonesiaEnglish
Nama Mata KuliahEkonomi ManajerialManagerial Economics
Bahan Kajian
  1. Konsep-konsep ekonomi 
  2. Perilaku konsumen 
  3. Fungsi produksi dan ongkos-ongkos 
  4. Konsep maksimasi keuntungan 
  5. Jenis-jenis persaingan 
  6. Penetapan harga (pricing) 
  7. “Economics of information” 
  8. Peran pemerintah dalam pasar 
    Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)
    1. Mahasiswa mampu memahami konsep-konsep ekonomi dan bagaimana mengaplikasikannya dalam pengambilan keputusan manajerial 
    2. Mahasiswa mampu memahami aplikasi teori ekonomi mikro untuk menyelesaikan masalah-masalah bisnis dan mengoptimasi alokasi sumber daya 
    3. Mahasiswa mampu memahami dampak dari “market forces” pada operasi-operasi bisnis, termasuk kompetisi, “market power”, serta pengaruh atau dampak dari regulasi pemerintah 
    4. Mahasiswa mampu menggunakan metoda kuantitatif dan model ekonometrik untuk menganalisa, menginterpretasi dan mendukung Keputusan manajerial 
    5. Mahasiswa mampu memahami teknik-teknik optimisasi untuk memaksimumkan keuntungan, meminimumkan kerugian dan mencapai efisiensi bisnis 
    6. Mahasiswa mampu memahami lingkungan global ekonomi dan pengaruhnya, serta peran pemerintah pada keputusan-keputusan manajerial 
      Metode PembelajaranCeramah dan diskusi; Latihan Soal
      Modalitas PembelajaranLuring
      Jenis NilaiABCDE
      Metode PenilaianKuis; UTS; UAS
      Catatan Tambahan