Kode Mata KuliahMR4015 / 3 SKS
Penyelenggara144 - Manajemen Rekayasa / FTI
KategoriKuliah
Bahasa IndonesiaEnglish
Nama Mata KuliahRekayasa UsabilityUsability Engineering
Bahan Kajian
  1. Model Human Computer Interaction
  2. Desain interaksi & antarmuka, mencakup definisi, evaluasi, dan kompleksitas kognitif dalam interaksi manusia dan teknologi
  3. Usability
  4. User experience
  5. Guideline usability & user experience
  6. Proses perancangan antarmuka
  7. Isu dalam desain interaksi manusia teknologi
  8. Pengaruh user interface dan interaksi pada kehidupan sosial dan individual
  9. Interaksi manusia dengan teknologi canggih: robot, AI, XR, dll
  10. Etika dalam perancangan interaksi manusia teknologi
    Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)
    1. Mahasiswa mampu memanfaatkan konsep human computer interaction untuk merancang interaksi dan antarmuka dari teknologi.
    2. Mahasiswa mampu mengidentfikasi permasalahan usability dan user experience dalam rancangan produk/sistem
    3. Mahasiswa memahami isu-isu etika yang dapat dihadapi ketika merancangĀ  interaksi antara manusia danĀ  teknologi
      Metode Pembelajaran
      Modalitas Pembelajaran
      Jenis NilaiABCDE
      Metode Penilaian
      Catatan Tambahan