Kode Mata KuliahMB4064 / 3 SKS
Penyelenggara190 - Management / SBM
KategoriLecture
Bahasa IndonesiaEnglish
Nama Mata KuliahPengembangan Organisasi dan Organisasi PembelajarOrganizational Development and Learning Organization
Bahan Kajian
  1. Course Introduction WHY DO WE NEED LO?: Knowledge/Disruption Era Critical Issues in the Knowledge Era Human Being 🡪 Knowledge Workers Knowledge-Learning (Yin & Yang) Learning Organization Definition
  2. LO vs OL: LO vs OL? Learning Model (Individual, Group, and Organizational Learning) – Double loop Learning, etc. Key Success Factors of LO Living Company (Arie de Gus)
  3. LO – FIVE DISCIPLINE PETER SENG: Konsep dan Model
  4. HOUSE OF LO - JANN MODEL House of LO Components
  5. Contemporary New LO 4.0:
  6. Diagnosing & Analyzing the Organizational Learning (OL)
  7. Introduction to OD The Nature of Planned Change The OD Practitioner
  8. The Process of OD: Diagnosing, Collecting & Analyzing
  9. Human Process of Interventions Techno Structural Interventions: Restructuring Organizations; Employee Involvement; Work Design
  10. Digital readiness & sustainability
  1. Course Introduction WHY DO WE NEED LO?: Knowledge/Disruption Era Critical Issues in the Knowledge Era Human Being 🡪 Knowledge Workers Knowledge-Learning (Yin & Yang) Learning Organization Definition
  2. LO vs OL: LO vs OL? Learning Model (Individual, Group, and Organizational Learning) – Double loop Learning, etc. Key Success Factors of LO Living Company (Arie de Gus)
  3. LO – FIVE DISCIPLINE PETER SENG: Konsep dan Model
  4. HOUSE OF LO - JANN MODEL House of LO Components
  5. Contemporary New LO 4.0:
  6. Diagnosing & Analyzing the Organizational Learning (OL)
  7. Introduction to OD The Nature of Planned Change The OD Practitioner
  8. The Process of OD: Diagnosing, Collecting & Analyzing
  9. Human Process of Interventions Techno Structural Interventions: Restructuring Organizations; Employee Involvement; Work Design
  10. Digital readiness & sustainability
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)
  1. Mahasiswa akan memahami tentang konsep dan penggunaan Pengembangan Organisasi dan Organisasi Pembelajar
  2. Mahasiswa memiliki kemampuan untuk meningkatkan efektivitas organisasi (kinerja) dari berbagai level organisasi (individu, kelompok, organisasi, dan transorganisasi)
  3. Mahasiswa akan memiliki kemampuan untuk menggunakan berbagai alat manajemen untuk mengintervensi organisasi yang kurang efektif untuk membuatnya lebih baik
  4. Mahasiswa akan memiliki kemampuan untuk mengembangkan Pembelajaran Organisasional guna menjaga keberlanjutan kinerja
    Metode PembelajaranKuliah, diskusi, kerja mandiri, projek
    Modalitas PembelajaranPembelajaran aktif, diskusi, penugasan mandiri, penugasan kelompok
    Jenis NilaiABCDE
    Metode PenilaianElemen Bobot (%) UTS 30 UAS 30 Quiz 5 Tugas Individu 15 Tugas Kelompok 20 TOTAL 100 Catatan ● A : sama dan lebih dari 85 ● AB: antara 75 dan 85 ● B: antara 65 dan 75 ● BC: antara 55 dan 65 ● C : antara 45 dan 55 ● E : di bawah 45Elemen Bobot (%) UTS 30 UAS 30 Quiz 5 Tugas Individu 15 Tugas Kelompok 20 TOTAL 100 Notes ● A : sama dan lebih dari 85 ● AB: antara 75 dan 85 ● B: antara 65 dan 75 ● BC: antara 55 dan 65 ● C : antara 45 dan 55 ● E : di bawah 45
    Catatan Tambahan