Kode Mata Kuliah | MB4064 / 3 SKS |
---|
Penyelenggara | 190 - Management / SBM |
---|
Kategori | Lecture |
---|
| Bahasa Indonesia | English |
---|
Nama Mata Kuliah | Pengembangan Organisasi dan Organisasi Pembelajar | Organizational Development and Learning Organization |
---|
Bahan Kajian | - Course Introduction
WHY DO WE NEED LO?:
Knowledge/Disruption Era
Critical Issues in the Knowledge Era
Human Being 🡪 Knowledge Workers
Knowledge-Learning (Yin & Yang)
Learning Organization Definition
- LO vs OL:
LO vs OL?
Learning Model (Individual, Group, and Organizational Learning) – Double loop Learning, etc.
Key Success Factors of LO
Living Company (Arie de Gus)
- LO – FIVE DISCIPLINE PETER SENG:
Konsep dan Model
- HOUSE OF LO - JANN MODEL
House of LO Components
- Contemporary New LO 4.0:
- Diagnosing & Analyzing the Organizational Learning (OL)
- Introduction to OD
The Nature of Planned Change
The OD Practitioner
- The Process of OD:
Diagnosing, Collecting & Analyzing
- Human Process of Interventions
Techno Structural Interventions: Restructuring Organizations; Employee Involvement; Work Design
- Digital readiness & sustainability
| - Course Introduction
WHY DO WE NEED LO?:
Knowledge/Disruption Era
Critical Issues in the Knowledge Era
Human Being 🡪 Knowledge Workers
Knowledge-Learning (Yin & Yang)
Learning Organization Definition
- LO vs OL:
LO vs OL?
Learning Model (Individual, Group, and Organizational Learning) – Double loop Learning, etc.
Key Success Factors of LO
Living Company (Arie de Gus)
- LO – FIVE DISCIPLINE PETER SENG:
Konsep dan Model
- HOUSE OF LO - JANN MODEL
House of LO Components
- Contemporary New LO 4.0:
- Diagnosing & Analyzing the Organizational Learning (OL)
- Introduction to OD
The Nature of Planned Change
The OD Practitioner
- The Process of OD:
Diagnosing, Collecting & Analyzing
- Human Process of Interventions
Techno Structural Interventions: Restructuring Organizations; Employee Involvement; Work Design
- Digital readiness & sustainability
|
---|
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK) | - Mahasiswa akan memahami tentang konsep dan penggunaan Pengembangan Organisasi dan Organisasi Pembelajar
- Mahasiswa memiliki kemampuan untuk meningkatkan efektivitas organisasi (kinerja) dari berbagai level organisasi (individu, kelompok, organisasi, dan transorganisasi)
- Mahasiswa akan memiliki kemampuan untuk menggunakan berbagai alat manajemen untuk mengintervensi organisasi yang kurang efektif untuk membuatnya lebih baik
- Mahasiswa akan memiliki kemampuan untuk mengembangkan Pembelajaran Organisasional guna menjaga keberlanjutan kinerja
|
|
---|
Metode Pembelajaran | Kuliah, diskusi, kerja mandiri, projek | |
---|
Modalitas Pembelajaran | Pembelajaran aktif, diskusi, penugasan mandiri, penugasan kelompok | |
---|
Jenis Nilai | ABCDE |
---|
Metode Penilaian | Elemen Bobot (%)
UTS 30
UAS 30
Quiz 5
Tugas Individu 15
Tugas Kelompok 20
TOTAL 100
Catatan
● A : sama dan lebih dari 85
● AB: antara 75 dan 85
● B: antara 65 dan 75
● BC: antara 55 dan 65
● C : antara 45 dan 55
● E : di bawah 45 | Elemen Bobot (%)
UTS 30
UAS 30
Quiz 5
Tugas Individu 15
Tugas Kelompok 20
TOTAL 100
Notes
● A : sama dan lebih dari 85
● AB: antara 75 dan 85
● B: antara 65 dan 75
● BC: antara 55 dan 65
● C : antara 45 dan 55
● E : di bawah 45 |
---|
Catatan Tambahan | | |
---|