Kode Mata KuliahKI5261 / 4 SKS
Penyelenggara205 - Kimia / FMIPA
KategoriKuliah
Bahasa IndonesiaEnglish
Nama Mata KuliahMetabolismeMetabolism
Bahan Kajian
  1. Tinjauan metabolisme
  2. Senyawa berenergi tinggi
  3. Bioenergetika dan termodinamika
  4. Reaksi oksidasi-reduksi biologi
  5. Model kasus jalur reaksi terang fotosintesis (pengubahan energi sinar matahari menjadi energi kimia ATP dan potensial kimia NADPH) – mekanisme aliran elektron (linear dan lingkar)
  6. Model kasus jalur reaksi gelap fotosintesis (fiksasi/asimilasi karbondioksida dan pembentukan glukosa) – mekanisme penangkapan karbon dan pembentukan biomolekul
  7. Organisasi supramolekul fotosistem II: struktur, fungsi, dan pengendalian kompleks pemanen cahaya II dan pusat reaksi P680
  8. Kompleks mangan pemecah molekul air
  9. Organisasi molekul sitrokrom bf dan interaksi dengan plastosianin
  10. Plastosianin: interaksi-interkasi/perakitan baik dengan sitokrom bf ataupun dengan fotosistem I
  11. Organisasi supramolekul fotosistem I: struktur, fungsi, dan pengendalian kompleks pemanen cahaya dan pusat reaksi P700
  12. Kompleks feredoksin-NADH reduktase
  13. Kompleks mirip NADH dehidrogenase: interaksi-interkasi/perakitan baik dengan sitokrom bf ataupun dengan fotosistem I
  14. Kompleks ATP sintase kloroplas
  15. Fiksasi karbon pada sistem tanaman C3, C4, dan CAM
  16. Biosintesi gula
    Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)
    1. Mahasiswa memahami prinsip-prinsip katabolisme (degradasi) dan anabolisme (biosintesis), mampu menunjukkan interkoneksi metabolit, dan merunut jalur metabolisme utuh.
    2. Mahasiswa memahami prinsip-prinsip katabolisme (degradasi) dan anabolisme (biosintesis), mampu menunjukkan interkoneksi metabolit, dan merunut jalur metabolisme utuh.
    3. Mahasiswa mampu mengintegrasikan hukum-hukum energi di dalam perubahan-perubahan metabolit di dalam jalur metabolisme.
    4. Mahasiswa mampu mengolah informasi jalur metabolisme baik antar molekul berbeda di dalam satu organisme maupun antar organisme berbeda.
    5. Mahasiswa mampu mencari dan mendapatkan literatur primer (publikasi) bermutu terbaru terkait struktur, fungsi, dan pengendalian biomolekul pada suatu metabolisme.
    6. Mahasiswa mampu mengintegrasikan informasi dari berbagai sumber literatur primer dalam menjelaskan temuan runutan jalur metabolisme.
    7. Mahasiswa mampu mengkomunikasikannya secara lisan publikasi terbaru terkait struktur, fungsi, dan pengendalian biomolekul pada suatu metabolisme dalam model seminar kecil.
    8. Mahasiswa secara berkelompok mampu merangkum dan menuliskan kembali intisari kumpulan publikasi terbaru dalam satu cerita model kasus metabolisme
    9. Mahasiswa mampu mengembangkan dasar teori dalam suatu jalur metabolisme untuk membuka kegiatan penelitian baru.
    10. Fiksasi karbon pada sistem bakteri dan sianobakteri: karboksisom
    11. Fiksasi karbon pada sistem alga dan lumut: pirenoid
      Metode PembelajaranCeramah, strudi literatur, presentasi, dan/atau kerja kelompok
      Modalitas PembelajaranVisual dan auditorial; Sinkronous dan/atau asinkronous
      Jenis NilaiABCDE
      Metode PenilaianUjian, Tugas, Laporan/Buku reviu
      Catatan Tambahan