Kode Mata KuliahPG4013 / 3 SKS
Penyelenggara143 - Teknik Pangan / FTI
KategoriKuliah
Bahasa IndonesiaEnglish
Nama Mata KuliahRancangan Percobaan Teknik PanganFood Engineering Experimental Design
Bahan Kajian
  1. Aplikasi statistika dalam percobaan
  2. Percobaan 1-faktor & konsep ANOVA
  3. Percobaan 1-faktor dengan Blok
  4. Rancangan percobaan faktorial
  5. Percobaan faktorial penuh 2-level
  6. Percobaan faktorial pecahan
  7. Rancangan permukaan respons
  8. Rancangan percobaan campuran
  9. Strategi percobaan
  1. Statistical Applications in Experiments
  2. Single-factor experiments & ANOVA concepts
  3. Single-factor experiments with blocks
  4. Factorial experiment design
  5. Full factorial 2-level experiments
  6. Fractional factorial experiments
  7. Response surface design
  8. Mixture experiment design
  9. Experimental strategies
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)
  1. Mampu menelaah data pengukuran menggunakan metode statistika deskriptif, serta statistika inferensial untuk satu & dua sampel.
  2. Mampu menelaah data hasil percobaan 1-faktor untuk jenis rancangan teracak penuh dan RCBD, dengan menggunakan komputer.
  3. Mampu menyusun rancangan dan menelaah hasil percobaan faktorial penuh menggunakan komputer dengan sejumlah variasi rancangan, seperti replikasi tunggal, tempuhan titik tengah, dan lainnya.
  4. Mampu menyusun rancangan dan menelaah hasil percobaan faktorial pecahan menggunakan komputer, dengan sejumlah variasi rancangan dan teknik penelaahan data.
  5. Mampu menyusun rancangan dan menelaah hasil percobaan metode bidang respons (response surface method), mencakup jenis rancangan CCD dan Box-Behnken, dengan menggunakan komputer.
  6. Mampu menyusun rancangan dan menelaah hasil percobaan campuran yang mencakup rancangan jenis simpleks, simpleks-sentroid, dan extreme vertices, dengan menggunakan komputer.
  7. Mampu mendiskusikan strategi percobaan progresif dan penelusuran semesta percobaan untuk optimasi.
  1. Able to analyze measurement data using methods of descriptive statistics, and inferential statistics for one- & two-samples
  2. Able to analyze 1-factor experimental data for fully randomized and RCBD experiments by using computer.
  3. Able to construct and analyze factorial experiment data using computer, which includes several design variations, such as single replicate, center point runs, and others.
  4. Able to construct and analyze fractional factorial experiment data using computer, which includes variations in the design and data analysis techniques.
  5. Able to construct and analyze response surface method experimental results using computer, which includes CCD and Box-Behnken designs.
  6. Able to construct and analyze mixture experimental data using computer, including simplex, simplex-centroid, and extreme vertices designs.
  7. Able to discuss strategies for progressive experimentation and exploration of experimental domain for optimization.
Metode PembelajaranPembelajaran kooperatif Pembelajaran berbasis permasalahan Diskusi kelompokCooperative Learning, Problem-Based Learning, Group Discussions
Modalitas PembelajaranLuringOffline
Jenis NilaiABCDE
Metode PenilaianUjian, Kuis, TugasExam, Assignment, Quiz
Catatan Tambahan