Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK) | - Mampu menelaah data pengukuran menggunakan metode statistika deskriptif, serta statistika inferensial untuk satu & dua sampel.
- Mampu menelaah data hasil percobaan 1-faktor untuk jenis rancangan teracak penuh dan RCBD, dengan menggunakan komputer.
- Mampu menyusun rancangan dan menelaah hasil percobaan faktorial penuh menggunakan komputer dengan sejumlah variasi rancangan, seperti replikasi tunggal, tempuhan titik tengah, dan lainnya.
- Mampu menyusun rancangan dan menelaah hasil percobaan faktorial pecahan menggunakan komputer, dengan sejumlah variasi rancangan dan teknik penelaahan data.
- Mampu menyusun rancangan dan menelaah hasil percobaan metode bidang respons (response surface method), mencakup jenis rancangan CCD dan Box-Behnken, dengan menggunakan komputer.
- Mampu menyusun rancangan dan menelaah hasil percobaan campuran yang mencakup rancangan jenis simpleks, simpleks-sentroid, dan extreme vertices, dengan menggunakan komputer.
- Mampu mendiskusikan strategi percobaan progresif dan penelusuran semesta percobaan untuk optimasi.
| - Able to analyze measurement data using methods of descriptive statistics, and inferential statistics for one- & two-samples
- Able to analyze 1-factor experimental data for fully randomized and RCBD experiments by using computer.
- Able to construct and analyze factorial experiment data using computer, which includes several design variations, such as single replicate, center point runs, and others.
- Able to construct and analyze fractional factorial experiment data using computer, which includes variations in the design and data analysis techniques.
- Able to construct and analyze response surface method experimental results using computer, which includes CCD and Box-Behnken designs.
- Able to construct and analyze mixture experimental data using computer, including simplex, simplex-centroid, and extreme vertices designs.
- Able to discuss strategies for progressive experimentation and exploration of experimental domain for optimization.
|
---|