| Kode Mata Kuliah | OS2002 / 2 SKS |
|---|
| Penyelenggara | 129 - Oseanografi / FITB |
|---|
| Kategori | Kuliah |
|---|
| Bahasa Indonesia | English |
|---|
| Nama Mata Kuliah | Ekowisata Bahari | Marine Ecotourism |
|---|
| Bahan Kajian | - Definisi dan teori ekowisata bahari
- Isu dan tantangan dalam ekowisata bahari
- Potensi ekowisata bahari
- Jenis-jenis ekowisata bahari
- Parameter Oseanografi dalam ekowisata bahari
- Metode penilaian lokasi ekowisata bahari
- Ancaman bencana alam dalam ekowisata bahari
- Kegiatan lapangan/ekskursi
- Proyek/Studi Kasus
| - Definition and theory of marine ecotourism
- Issues and challenges in marine ecotourism
- Marine ecotourism potential
- Types of marine ecotourism
- Oceanographic parameters in marine ecotourism
- Marine ecotourism site assessment methods
- The threat of natural disasters in marine ecotourism
- Field activities/excursions
- Project/Case Study
|
|---|
| Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK) | - Mampu menjelaskan defenisi, teori dasar dan jenis ekowisata bahari
- Mampu menjelaskan isu, tantangan, ancaman bencana alam dan potensi dalam ekowisata bahari
- Mampu menjelaskan parameter oseanografi dan contoh yang digunakan dalam kajian ekowisata bahari di Indonesia dan negara lain
- Mampu menjelaskan dan mendesain secara sederhana kegiatan lapangan pengukuran parameter dasar dan lingkungan laut ekowisata bahari
- Mampu menilai dan menginterpretasi hasil pengolahan data lapangan
- Mampu berkomunikasi secara intra dan interpersonal secara efektif dalam kerja mandiri dan kelompok, melakukan wawancara dan membuat laporan dalam kegiatan lapangan
| - Able to explain the definition, basic theory and types of marine ecotourism
- Able to explain issues, challenges, threats of natural disasters and potential in marine ecotourism
- Able to explain oceanographic parameters and examples used in marine ecotourism studies in Indonesia and other countries
- Able to explain and design simple field activities for measuring basic parameters and marine environments for marine ecotourism.
- Able to assess and interpret the results of field data processing
- Able to communicate effectively intra and interpersonally in independent and group work, conduct interviews and make reports in field activities
|
|---|
| Metode Pembelajaran | LCL: KBL, SBL
SCL: PBL, CBL | LCL: KBL, SBL
SCL: PBL, CBL |
|---|
| Modalitas Pembelajaran | Luring, Daring, Sinkron, Asinkron | Offline, Online, Synchronous, Asynchronous |
|---|
| Jenis Nilai | ABCDE |
|---|
| Metode Penilaian | Tertulis: Uraian
Lisan: Presentasi
Tugas: Laporan, Praktik | Written exam: Description
Oral exam: Presentation
Task: Report, Practice |
|---|
| Catatan Tambahan | | |
|---|