Kode Mata Kuliah | KR4002 / 6 SKS |
---|
Penyelenggara | 172 - Craft / FSRD |
---|
Kategori | Final Project / Thesis / Dissertation |
---|
| Bahasa Indonesia | English |
---|
Nama Mata Kuliah | Tugas Akhir/Skripsi Kriya | Craft Final Project |
---|
Bahan Kajian | - TO2 - Tinjauan Seni/Desain
- TO3 - Metodologi Desain
- TO5 - Seminar Kriya
- PM1 - Metodologi Identifikasi
- PM2 - Metodologi Analisis
- PM3 - Metodologi Evaluasi
| - TO2 - Art/Design Review
- TO3 - Design Methodology
- TO5 - Craft Seminar
- PM1 - Identification Methodology
- PM2 - Analysis Methodology
- PM3 - Evaluation Methodology
|
---|
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK) | - Mampu mengidentifikasi isu/permasalahan dari hasil pengamatan terhadap fenomena atau objek yang dikaji
- Mampu merumuskan isu/permasalahan, menentukan metode analisis, dan melakukan eksplorasi/eksperimentasi
- Mampu melakukan analisis dan implementasi pengetahuan dan atau keterampilan untuk memecahkan permasalahan dari fenomena atau objek yang dikaji
- Memiliki keterampilan mengolah dan membentuk material untuk mewujudkan gagasan rancangan secara manual
- Memiliki keterampilan mengolah dan membentuk material untuk mewujudkan gagasan rancangan menggunakan peralatan dan teknologi mutakhir.
- Mampu menerapkan pengetahuan dan keterampilan terkait berbagai aspek visual, estetika, material, teknologi, dan fungsi dalam proses kreatif penciptaan karya
- Mampu mengembangkan gagasan melalui proses eksplorasi baik visual, material, maupun teknik
- Mampu menganalisis dan menerapkan penguasaan material dalam proses kreatif berkarya kriya
- Mampu meningkatkan pengetahuan teoritik dan praktik di bidang kriya
- Mampu mengidentifikasi dan menjelaskan tentang keilmuan kriya
- Mampu mengaktualisasikan diri melanjutkan studi ke jenjang yang lebih lanjut
| - Able to identify issues/problems from the results of observations of the phenomenon or object being studied
- Able to formulate issues/problems, determine analysis methods, and conduct exploration/experimentation.
- Able to analyze and implement knowledge and / or skills to solve problems from the phenomenon or object studied.
- Have the skills to process and shape materials to realize design ideas manually.
- Have the skills to process and shape materials to realize design ideas using the latest equipment and technology.
- Able to apply knowledge and skills related to various visual aspects, aesthetics, materials, technology, and functions in the creative process of creating works.
- Able to develop ideas through a process of visual, material, and technical exploration
- Able to analyze and apply material mastery in the creative process of creating crafts
- Able to improve theoretical and practical knowledge in the field of crafts
- Able to identify and explain about the science of crafts
- Able to self-actualize to continue their studies to further levels
|
---|
Metode Pembelajaran | Ceramah/ Kuliah Dosen Tamu
Diskusi
Collaborative Learning | Guest Lecturer/Lecture
Discussion
Collaborative Learning |
---|
Modalitas Pembelajaran | Sinkronik | Synchronous |
---|
Jenis Nilai | ABCDE |
---|
Metode Penilaian | Weighted | Weighted |
---|
Catatan Tambahan | Melaksanakan proyek perancangan secara komperhensif untuk menunjukan kesanggupan mahasiswa sebagai calon kriyawan dalam mengemukakan sikap, konsep, pendekatan desain berdasarkan kaidah estetika, ilmu dan teknologi terhadap karya-karya fungsional. | This course aims at a design project and comprehensively shows students’ ability as future craftsmen in exhibiting their views, concepts, and design approaches based on the laws of aesthetics, science, and technology towards functional works. |
---|