Kode Mata KuliahKR4002 / 6 SKS
Penyelenggara172 - Craft / FSRD
KategoriFinal Project / Thesis / Dissertation
Bahasa IndonesiaEnglish
Nama Mata KuliahTugas Akhir/Skripsi KriyaCraft Final Project
Bahan Kajian
  1. TO2 - Tinjauan Seni/Desain
  2. TO3 - Metodologi Desain
  3. TO5 - Seminar Kriya
  4. PM1 - Metodologi Identifikasi
  5. PM2 - Metodologi Analisis
  6. PM3 - Metodologi Evaluasi
  1. TO2 - Art/Design Review
  2. TO3 - Design Methodology
  3. TO5 - Craft Seminar
  4. PM1 - Identification Methodology
  5. PM2 - Analysis Methodology
  6. PM3 - Evaluation Methodology
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)
  1. Mampu mengidentifikasi isu/permasalahan dari hasil pengamatan terhadap fenomena atau objek yang dikaji
  2. Mampu merumuskan isu/permasalahan, menentukan metode analisis, dan melakukan eksplorasi/eksperimentasi
  3. Mampu melakukan analisis dan implementasi pengetahuan dan atau keterampilan untuk memecahkan permasalahan dari fenomena atau objek yang dikaji
  4. Memiliki keterampilan mengolah dan membentuk material untuk mewujudkan gagasan rancangan secara manual
  5. Memiliki keterampilan mengolah dan membentuk material untuk mewujudkan gagasan rancangan menggunakan peralatan dan teknologi mutakhir.
  6. Mampu menerapkan pengetahuan dan keterampilan terkait berbagai aspek visual, estetika, material, teknologi, dan fungsi dalam proses kreatif penciptaan karya
  7. Mampu mengembangkan gagasan melalui proses eksplorasi baik visual, material, maupun teknik
  8. Mampu menganalisis dan menerapkan penguasaan material dalam proses kreatif berkarya kriya
  9. Mampu meningkatkan pengetahuan teoritik dan praktik di bidang kriya
  10. Mampu mengidentifikasi dan menjelaskan tentang keilmuan kriya
  11. Mampu mengaktualisasikan diri melanjutkan studi ke jenjang yang lebih lanjut
  1. Able to identify issues/problems from the results of observations of the phenomenon or object being studied
  2. Able to formulate issues/problems, determine analysis methods, and conduct exploration/experimentation.
  3. Able to analyze and implement knowledge and / or skills to solve problems from the phenomenon or object studied.
  4. Have the skills to process and shape materials to realize design ideas manually.
  5. Have the skills to process and shape materials to realize design ideas using the latest equipment and technology.
  6. Able to apply knowledge and skills related to various visual aspects, aesthetics, materials, technology, and functions in the creative process of creating works.
  7. Able to develop ideas through a process of visual, material, and technical exploration
  8. Able to analyze and apply material mastery in the creative process of creating crafts
  9. Able to improve theoretical and practical knowledge in the field of crafts
  10. Able to identify and explain about the science of crafts
  11. Able to self-actualize to continue their studies to further levels
Metode PembelajaranCeramah/ Kuliah Dosen Tamu Diskusi Collaborative LearningGuest Lecturer/Lecture Discussion Collaborative Learning
Modalitas PembelajaranSinkronikSynchronous
Jenis NilaiABCDE
Metode PenilaianWeightedWeighted
Catatan TambahanMelaksanakan proyek perancangan secara komperhensif untuk menunjukan kesanggupan mahasiswa sebagai calon kriyawan dalam mengemukakan sikap, konsep, pendekatan desain berdasarkan kaidah estetika, ilmu dan teknologi terhadap karya-karya fungsional.This course aims at a design project and comprehensively shows students’ ability as future craftsmen in exhibiting their views, concepts, and design approaches based on the laws of aesthetics, science, and technology towards functional works.