Kode Mata KuliahFI6131 / 3 SKS
Penyelenggara202 - Fisika / FMIPA
KategoriKuliah
Bahasa IndonesiaEnglish
Nama Mata KuliahKapita Selekta Komputasi Material MajuSelected Topics in Computation of Advanced Material
Bahan Kajian
  1. Matakuliah ini akan memperkenalkan konsep dan prinsip-prinsip dasar dalam komputasi material maju. Mahasiswa akan mempelajari tentang peran komputasi dalam pemodelan struktur, sifat, dan perilaku material maju seperti nanomaterial.
  2. Mahasiswa akan mempelajari berbagai metode simulasi yang digunakan dalam komputasi material, termasuk metode ab initio, molecular dynamic, dan integrated modelling. Diskusi akan mencakup prinsip dasar dan aplikasi dari setiap metode.
  3. Matakuliah ini juga akan membahas bagaimana komputasi material digunakan dalam penemuan dan desain material baru. Mahasiswa akan menjelajahi strategi komputasi untuk mengidentifikasi material dengan sifat yang diinginkan, serta teknik pemodelan untuk memprediksi struktur dan sifat material yang belum diketahui.
  4. Mahasiswa akan mempelajari tantangan dan prospek dalam pengembangan komputasi material. Diskusi akan mencakup isu-isu seperti skalabilitas, akurasi, dan validasi model, serta peran komputasi material dalam inovasi dan penelitian material maju.
  1. This course will introduce basic concepts and principles in advanced materials computing. Students will learn about the role of computing in modeling the structure, properties and behavior of advanced materials such as nanomaterials.
  2. Students will study various simulation methods used in materials computing, including ab initio methods, molecular dynamics, and integrated modeling. The discussion will cover the basic principles and applications of each method.
  3. This course will also discuss how materials computing is used in the discovery and design of new materials. Students will explore computational strategies to identify materials with desired properties, as well as modeling techniques to predict the structure and properties of unknown materials.
  4. Students will study the challenges and prospects in the development of computational materials. Discussions will cover issues such as scalability, accuracy, and model validation, as well as the role of materials computing in advanced materials innovation and research.
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)
  1. Memahami konsep dan prinsip-prinsip dasar dalam komputasi material maju.
  2. Memahami metode simulasi yang digunakan dalam komputasi material, termasuk metode ab initio, molecular dynamic, dan integrated modelling.
  3. Mampu menjelaskan komputasi material digunakan dalam penemuan dan desain material baru.
  4. Memahami tantangan dan prospek dalam pengembangan komputasi material meliputi skalabilitas, akurasi, dan validasi model, serta peran komputasi material dalam inovasi dan penelitian material maju.
  1. Understand basic concepts and principles in advanced materials computing.
  2. Understand simulation methods used in materials computing, including ab initio methods, molecular dynamics, and integrated modeling.
  3. Be able to explain material computing used in the discovery and design of new materials.
  4. Understand the challenges and prospects in the development of materials computing including scalability, accuracy, and model validation, as well as the role of materials computing in innovation and advanced materials research.
Metode PembelajaranKuliah tatap muka, tutorial, riset sederhanaIn-person Class lectures, tutorials, simple research
Modalitas PembelajaranLuring sinkron Bauran/ Daring AsinkronMixed synchronous offline/ Asynchronous Online
Jenis NilaiABCDE
Metode PenilaianUTS, UAS, TugasUTS, UAS, Assignments
Catatan TambahanMKPBMKPB