Kode Mata KuliahFI6231 / 3 SKS
Penyelenggara202 - Fisika / FMIPA
KategoriKuliah
Bahasa IndonesiaEnglish
Nama Mata KuliahKapita Selekta Fungsionalisasi Material MajuSelected Topics in Functionalization of Advanced Material
Bahan Kajian
  1. Matakuliah ini akan memperkenalkan konsep fungsionalisasi material maju, yang melibatkan modifikasi struktur dan sifat material untuk tujuan tertentu. Mahasiswa akan mempelajari prinsip-prinsip dasar fungsionalisasi material dan aplikasinya dalam berbagai industri.
  2. Pada matakuliah ini, mahasiswa akan mempelajari berbagai metode yang digunakan dalam proses fungsionalisasi material. Diskusi akan mencakup teknik kimia, fisika, dan biologi yang digunakan untuk mengubah sifat material, seperti pengendalian morfologi, modifikasi permukaan, dan penggabungan material.
  3. Mahasiswa akan mempelajari berbagai aplikasi fungsionalisasi material dalam industri terkait bagaimana material yang difungsionalisasi digunakan dalam pembuatan produk-produk inovatif seperti sensor cerdas, material untuk bidang medis, nanomaterial untuk teknologi energi, dan lainnya.
  4. Mahasiswa juga akan diberikan pemaparan terkait tantangan dan prospek dalam pengembangan fungsionalisasi material. Diskusi akan mencakup isu-isu seperti stabilitas, keamanan, dan ketersediaan bahan baku, serta peran fungsionalisasi material dalam mengatasi masalah industri dan lingkungan.
  1. This course will introduce the concept of advanced material functionalization, which involves modifying the structure and properties of materials for specific purposes. Students will learn the basic principles of material functionalization and their applications in various industries.
  2. In this course, students will study various methods used in the material functionalization process. Discussion will cover chemical, physical, and biological techniques used to change material properties, such as morphology control, surface modification, and material compounding.
  3. Students will study various applications of material functionalization in industry regarding how functionalized materials are used in making innovative products such as smart sensors, materials for the medical field, nanomaterials for energy technology, and others.
  4. Students will also be given an explanation regarding the challenges and prospects in developing material functionalization. Discussions will cover issues such as the stability, safety and availability of raw materials, as well as the role of material functionalization in addressing industrial and environmental problems.
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)
  1. Mampu menjelaskan fungsionalisasi material maju, yang melibatkan modifikasi struktur dan sifat material untuk tujuan tertentu.
  2. Mampu menjelaskan berbagai metode yang digunakan dalam proses fungsionalisasi material.
  3. Mampu menjelaskan aplikasi fungsionalisasi material dalam industri.
  4. Memahami tantangan dan prospek dalam pengembangan fungsionalisasi material.
  1. Be able to explain advanced material functionalization, which involves modifying the structure and properties of materials for specific purposes.
  2. Able to explain the various methods used in the material functionalization process.
  3. Able to explain the application of material functionalization in industry.
  4. Understand the challenges and prospects in developing material functionalization.
Metode PembelajaranKuliah tatap muka, tutorial, riset sederhanaIn-person Class lectures, tutorials, simple research
Modalitas PembelajaranLuring sinkron Bauran/ Daring AsinkronMixed synchronous offline/ Asynchronous Online
Jenis NilaiABCDE
Metode PenilaianUTS, UAS, TugasUTS, UAS, Assignments
Catatan TambahanMKPBMKPB