Kode Mata Kuliah | RN5033 / 4 SKS |
---|
Penyelenggara | 249 - Ilmu dan Rekayasa Nuklir / FMIPA |
---|
Kategori | Kuliah |
---|
| Bahasa Indonesia | English |
---|
Nama Mata Kuliah | Instrumentasi Nuklir Lanjut | Advanced Nuclear Instrumentation |
---|
Bahan Kajian | - Detektor nuklirdan sistem elektronik penunjangnya
- Komponen pengolahan sinyal pada sistem instrumentasi nuklir
- Kehandalan pada sistem instrumentasi nuklir beserta implementasinya
- Aplikasi pada kasus yang spesifik (PLTN, reaktor fusi, pemercepa partikel, atau sistem nuklir lainnya) dengan metoda RBL
| - Nuclear detector and supporting electronic systems
- Signal processing components in nuclear instrumentation systems
- Reliability in nuclear instrumentation systems and their implementation
- Application to specific cases (NPP, fusion reactors, particle accelerators, or other nuclear systems) with the RBL method
|
---|
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK) | - Mahasiswa mampu memahami dan mejelaskan secara spesifik prinsip serta penerapan detektor nuklir dan perangkat elektronik penunjangnya
- Mahasiswa mampu mejelaskan secara spesifik prinsip dan penerapan komponen pengolah sinyal pada sistem instrumentasi nuklir
- Mahasiswa mampu mejelaskan secara spesifik prinsip dan penerapan aspek kehandalan pada sistem instrumentasi nuklir
- Mahasiswa mampu mengevaluasi penerapan aspek-aspek di atas dalam aplikasinya pada kasus yang spesifik (PLTN, reaktor fusi, pemercepa partikel, atau sistem nuklir lainnya)
| - Students are able to understand and explain specifically the principles and application of nuclear detectors and their supporting electronic devices
- Students are able to explain specifically the principles and application of signal processing components in nuclear instrumentation systems
- Students are able to explain specifically the principles and application of reliability aspects in nuclear instrumentation systems
- Students are able to evaluate the application of the above aspects in their application to specific cases (NPPs, fusion reactors, particle accelerators, or other nuclear systems)
|
---|
Metode Pembelajaran | Ceramah, diskusi, pembelajaran berbasis riset/masalah/studi kasus, presentasi, praktek | Lectures, discussions, research/problem/case study based learning, presentations, practice |
---|
Modalitas Pembelajaran | Luring, daring, hybrid, sinkron, asinkron | Offline, online, hybrid, synchronous, asynchronous |
---|
Jenis Nilai | ABCDE |
---|
Metode Penilaian | Tugas kelompok, Quiz, presentasi, laporan akhir RBL | Group assignments, quizzes, presentations, final RBL report |
---|
Catatan Tambahan | | |
---|