Kode Mata KuliahKI6012 / 5 SKS
Penyelenggara205 - Kimia / FMIPA
KategoriTugas Akhir / Tesis / Disertasi
Bahasa IndonesiaEnglish
Nama Mata KuliahPenelitian Magister IIMaster Research II
Bahan Kajian
  1. • Melakukan penelitian • Menyiapkan karya tulis untuk dipresentasikan dalam seminar nasional • Mengirimkan abstrak untuk seminar nasional • Menyiapkan presentasi untuk seminar nasional • Melakukan presentasi dalam seminar nasional • Menyusun tesis
  2. Menyampaikan tesis magister
    Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)
    1. CPMK 1.1: Menerapkan prinsip atau teori untuk penyelesaian masalah pada sub-bidang yang dipilihnya (C4 analisis) CPMK 1.2: Mengintegrasikan beberapa prinsip atau teori untuk penyelesaian masalah pada sub-bidang yang dipilihnya (C5 evaluasi) CPMK 1.3: Menganalisis permasalahan kimia untuk pengembangan keilmuan sub-bidang kimia.(C4 analisis) CPMK 1.4: Menyusun hipotesis dan merancang metodologi penelitian yang sesuai.(C5 evaluasi)
    2. CPMK 2.1: Menerapkan dan/atau memodifikasi prosedur kerja laboratorium yang tepat (C4 analisis) CPMK 2.2: Mengelola prosedur kerja laboratorium yang aman (C4 analisis) CPMK 2.3: Mengolah, menganalisis dan mengevaluasi data (C5 evaluasi)
    3. CPMK 3.1: Mencari dan memilah informasi kimia secara kritis dengan memanfaatkan teknologi informasi C3 (Menerapkan) CPMK 3.2: Menelaah dan mengintegrasikan informasi kimia dalam dokumen ilmiah C4 (Analisis)
    4. CPMK 4.1: Mengelola kegiatan penelitian secara mandiri (C4 Analisis) CPMK 4.2: Mengelola kegiatan penelitian secara berkelompok (C4 Analisis)
    5. CPMK 5.1: Mempresentasikan dokumen ilmiah secara lisan dan/atau visual (C4 Analisis) CPMK 5.2: Membuat karya ilmiah dalam bentuk laporan, tesis dan publikasi ilmiah C6 (Sintesis)
    6. CPMK 6.1: Memberikan kontribusi pada penyelesaian permasalahan kimia di masyarakat secara bertanggungjawab dan beretika (output: jadi narasumber dalam berbagai forum; menjadi teladan di lab) C5 (Evaluasi) CPMK 6.2: Menerapkan kode etik keilmuan dalam pelaksanaan kegiatan ilmiah C3 (Menerapkan).
      Metode PembelajaranDiskusi interaktif.
      Modalitas PembelajaranLuring, Sinkron Daring, Sinkron
      Jenis NilaiABCDE
      Metode PenilaianPenilaian ditentukan berdasarkan indikator kinerja tiap PLO/CP berikut: PLO/CP-1: 1.1 Menerapkan prinsip atau teori untuk penyelesaian masalah pada sub-bidang yang dipilihnya 1.2 Mengintegrasikan beberapa prinsip atau teori untuk penyelesaian masalah pada sub-bidang yang dipilihnya 1.3 Menganalisis permasalahan kimia untuk pengembangan keilmuan sub-bidang kimia. 1.4 Menyusun hipotesis dan merancang metodologi penelitian yang sesuai. PLO/CP-2: 2.1 Menerapkan dan/atau memodifikasi prosedur kerja laboratorium yang tepat 2.2 Mengelola prosedur kerja laboratorium yang aman 2.3 Mengolah, menganalisis dan mengevaluasi data PLO/CP-3: 3.1 Mencari dan memilah informasi kimia secara kritis dengan memanfaatkan teknologi informasi 3.2 Menelaah dan mengintegrasikan informasi kimia dalam dokumen ilmiah PLO/CP-4: 4.1 Mengelola kegiatan penelitian secara mandiri 4.2 Mengelola kegiatan penelitian secara berkelompok PLO/CP-5: 5.1 Mempresentasikan dokumen ilmiah secara lisan dan/atau visual PLO/CP-6: 6.1 Memberikan kontribusi pada penyelesaian permasalahan kimia di masyarakat secara bertanggungjawab dan beretika (output: jadi narasumber dalam berbagai forum; menjadi teladan di lab) 6.2 Menerapkan kode etik keilmuan dalam pelaksanaan kegiatan ilmiah Penilaian Kuliah: Mahasiswa yang telah menyusun proposal sesuai aturan dan melaporkan hasil penelitian pendahuluan secara tepat waktu layak mendapat nilai A. Untuk mahasiswa yang melaporkan tidak tepat waktu disarankan mendapat nilai AB dan jika hanya melaporkan proposal saja mendapat nilai sekurang-kurangnya B.
      Catatan Tambahan