Kode Mata KuliahFK3243 / 2 SKS
Penyelenggara116 - Farmasi Klinik dan Komunitas / SF
KategoriKuliah
Bahasa IndonesiaEnglish
Nama Mata KuliahKomunikasi dan Dasar KonselingCommunication and Basics of Counseling
Bahan Kajian
  1. Prinsip dasar dan jenis komunikasi
  2. Komunikasi dalam aspek psikologi
  3. Komunikasi efektif
  4. Komunikasi interpersonal
  5. Human Relations (HR) dan Public Relation (PR)
  6. Personal branding
  7. Komunikasi Kesehatan & Keterampilan dalam Komunikasi Terapetik
  8. Komunikasi pada populasi pasien tertentu (geriatrik, kanker,dll)
  9. Keterampilan negosiasi umum
  10. Praktek negosiasi dengan tenaga medis dan tenaga kesehatan
  11. Swamedikasi
  12. Praktek konseling dalam swamedikasi
  1. Basic Principles and Types of Communication
  2. Communication in psychological aspects
  3. Effective communication
  4. Interpersonal communication
  5. Human Relations (HR) and Public Relations (PR)
  6. Personal branding
  7. Health communication & skills in therapeutic communication
  8. Communication with specific patient populations (Geriatric, Cancer, etc.)
  9. General negotiation skills
  10. Negotiation practice with medical and health professionals
  11. Self-medication
  12. Counseling practice in self-medication
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)
  1. Mampu menjelaskan prinsip dasar komunikasi yang efektif dalam suatu pelayanan kefarmasian, termasuk komunikasi verbal dan non-verbal, mendengarkan aktif, dan empati 
  2. Mampu mengidentifikasi, menganalisis hambatan komunikasi yang mungkin terjadi dalam interaksi dengan pasien, seperti perbedaan bahasa, budaya, dan persepsi 
  3. Mampu menerapkan teknik komunikasi yang efektif saat memberikan informasi obat kepada pasien, termasuk menjelaskan penggunaan, efek samping, dan pentingnya kepatuhan terhadap pengobatan 
  4. Mampu mendemonstrasikan teknik konseling yang tepat 
  5. Mampu menyusun dan menyampaikan materi edukasi yang jelas dan mudah dipahami oleh pasien, baik secara lisan maupun dalam bentuk tertulis 
  1. Able to explain the basic principles of effective communication in pharmaceutical services, including verbal and non-verbal communication, active listening, and empathy
  2. Able to identify and analyze communication barriers that may occur in patient interactions, such as language differences, culture, and perceptions
  3. Able to apply effective communication techniques when providing drug information to patients, including explaining usage, side effects, and the importance of adherence to treatment
  4. Able to demonstrate appropriate counseling techniques
  5. Able to prepare and deliver educational materials that are clear and easy to understand by patients, both orally and in written form
Metode PembelajaranKuliah, Tugas mandiri, tugas kelompok, imulasi/praktek/role playingLectures, independent assignments, group assignments, simulations/practice/role-playing
Modalitas PembelajaranVisual, auditorial, kinestetik, Pelaksanaan secara sinkronVisual, auditory, kinesthetic. Conducted synchronously
Jenis NilaiABCDE
Metode PenilaianUTS, UAS, Kuis, Tugas Mid-semester exam, final exam, quiz, assignment
Catatan Tambahan