Kode Mata Kuliah | FK3243 / 2 SKS |
---|
Penyelenggara | 116 - Farmasi Klinik dan Komunitas / SF |
---|
Kategori | Kuliah |
---|
| Bahasa Indonesia | English |
---|
Nama Mata Kuliah | Komunikasi dan Dasar Konseling | Communication and Basics of Counseling |
---|
Bahan Kajian | - Prinsip dasar dan jenis komunikasi
- Komunikasi dalam aspek psikologi
- Komunikasi efektif
- Komunikasi interpersonal
- Human Relations (HR) dan Public Relation (PR)
- Personal branding
- Komunikasi Kesehatan & Keterampilan dalam Komunikasi Terapetik
- Komunikasi pada populasi pasien tertentu (geriatrik, kanker,dll)
- Keterampilan negosiasi umum
- Praktek negosiasi dengan tenaga medis dan tenaga kesehatan
- Swamedikasi
- Praktek konseling dalam swamedikasi
| - Basic Principles and Types of Communication
- Communication in psychological aspects
- Effective communication
- Interpersonal communication
- Human Relations (HR) and Public Relations (PR)
- Personal branding
- Health communication & skills in therapeutic communication
- Communication with specific patient populations (Geriatric, Cancer, etc.)
- General negotiation skills
- Negotiation practice with medical and health professionals
- Self-medication
- Counseling practice in self-medication
|
---|
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK) | - Mampu menjelaskan prinsip dasar komunikasi yang efektif dalam suatu pelayanan kefarmasian, termasuk komunikasi verbal dan non-verbal, mendengarkan aktif, dan empati
- Mampu mengidentifikasi, menganalisis hambatan komunikasi yang mungkin terjadi dalam interaksi dengan pasien, seperti perbedaan bahasa, budaya, dan persepsi
- Mampu menerapkan teknik komunikasi yang efektif saat memberikan informasi obat kepada pasien, termasuk menjelaskan penggunaan, efek samping, dan pentingnya kepatuhan terhadap pengobatan
- Mampu mendemonstrasikan teknik konseling yang tepat
- Mampu menyusun dan menyampaikan materi edukasi yang jelas dan mudah dipahami oleh pasien, baik secara lisan maupun dalam bentuk tertulis
| - Able to explain the basic principles of effective communication in pharmaceutical services, including verbal and non-verbal communication, active listening, and empathy
- Able to identify and analyze communication barriers that may occur in patient interactions, such as language differences, culture, and perceptions
- Able to apply effective communication techniques when providing drug information to patients, including explaining usage, side effects, and the importance of adherence to treatment
- Able to demonstrate appropriate counseling techniques
- Able to prepare and deliver educational materials that are clear and easy to understand by patients, both orally and in written form
|
---|
Metode Pembelajaran | Kuliah, Tugas mandiri, tugas kelompok, imulasi/praktek/role playing | Lectures, independent assignments, group assignments, simulations/practice/role-playing |
---|
Modalitas Pembelajaran | Visual, auditorial, kinestetik, Pelaksanaan secara sinkron | Visual, auditory, kinesthetic. Conducted synchronously |
---|
Jenis Nilai | ABCDE |
---|
Metode Penilaian | UTS, UAS, Kuis, Tugas | Mid-semester exam, final exam, quiz, assignment |
---|
Catatan Tambahan | | |
---|