Kode Mata KuliahDI4002 / 3 SKS
Penyelenggara173 - Desain Interior / FSRD
KategoriKuliah
Bahasa IndonesiaEnglish
Nama Mata KuliahKajian Perencanaan Desain InteriorInterior Design Planning Review
Bahan Kajian
  1. Pengantar Perencanaan Desain Interior: Definisi dan ruang lingkup desain interior, Tren dan isu-isu terkini dalam desain interior
  2. Prinsip-prinsip Desain Interior: Prinsip Kelayakan, Prinsip fungsionalitas, Prinsip psikologis dan Prinsip estetika
  3. Analisis Kebutuhan dan Fungsi Ruang: Metodologi analisis kebutuhan pengguna, Penentuan fungsi ruang dan zonasi, Studi kasus: analisis kebutuhan (residensial, komersial, publik)
  4. Proses Perencanaan Desain Interior: Tahap-tahap perencanaan: konseptual, pengembangan desain, dan dokumentasi, Teknik brainstorming dan pengembangan konsep, Elemen dan Material Desain Interior, Pemilihan material, Kombinasi warna dan tekstur, Pencahayaan dan Warna dalam Desain Interior, Furniture dan Aksesori Interior
  1. Introduction to Interior Design Planning: Definition and scope of interior design, Current trends and issues in interior design
  2. Interior Design Principles: Feasibility Principle, Functionality Principle, Psychological Principle, and Aesthetic Principle
  3. Space Needs Analysis and Function: User needs analysis methodology, Determining space function and zoning, Case studies: needs analysis (residential, commercial, public)
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)
  1. Memahami pengetahuan, prinsip dan keterampilan desain interior
  2. Menjelaskan pengetahuan, prinsip dan keterampilan desain interior
  3. Mengimplementasikan pengetahuan, prinsip dan keterampilan desain interior dalam konteks (Mata Kuliah)
  4. Mampu mencari data literatur, regulasi, dan standar yang digunakan sesuai dengan kasus perancangan
  5. Mampu melakukan survey lapangan (observasi, wawancara, diskusi, dll) sesuai dengan kasus perancangan
  6. Mampu mengintegrasikan data yang telah diperoleh menjadi sebuah panduan perancangan
  7. Memiliki wawasan terbuka dalam mengeksplorasi berbagai topik sesuai konteks (mata kuliah)
  8. Mampu memanfaatkan berbagai sumber daya yang dimiliki untuk pembelajaran
  1. Understand interior design knowledge, principles, and skills
  2. Explain interior design knowledge, principles, and skills
  3. Implement interior design knowledge, principles, and skills in context (Course)
  4. Able to search for literature, regulations, and standards relevant to the design case
  5. 684 / 5,000 Understand interior design knowledge, principles, and skills Explain interior design knowledge, principles, and skills Implement interior design knowledge, principles, and skills in context (Course) Able to search for literature, regulations, and standards relevant to the design case Able to conduct field surveys (observations, interviews, discussions, etc.) relevant to the design case
  6. Able to integrate collected data into a design guide
  7. Able to explore various topics within the context (Course)
  8. Able to utilize various available resources for learning
Metode PembelajaranKuliah, Diskusi, Presentasi, Case Base Method, Project Base Learning, Problem Base LearningLectures, Discussions, Presentations, Case-Based Method, Project-Based Learning, Problem-Based Learning
Modalitas PembelajaranLuring Sinkron, Daring SinkronSynchronous Offline, Synchronous Online
Jenis NilaiABCDE
Metode PenilaianTugas, UTS,UASAssignments, Mid-Term Exams, Final Exams
Catatan TambahanMata kuliah wajib ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan skill kepada mahasiswa dalam menyusun rencana pemecahan masalah yang muncul dalam hubungan manusia dengan ruang interior. Rencana pemecahan masalah tersebut diwujudkan dalam bentuk (1) kerangka acuan desain interior atau (2) usulan rencana penelitian lebih lanjut secara sistematis menurut kaidah akademik. Kerangka acuan desain interior menjadi dasar perancangan interior yang akan dilakukan dalam kuliah Tugas Akhir Desain Interior dan dihasilkan melalui penelitian yang mencakup konteks masalah, perumusan masalah, penentuan metode penelitian dan analisis yang sistematis. Usulan rencana penelitian dihasilkan melalui pengkajian konteks permasalahan serta review terhadap literatur dan karya lain untuk menentukan objektif dan metoda penelitian yang sesuai.This compulsory course aims to provide students with the knowledge and skills to develop a plan to solve problems that arise in the relationship between humans and interior spaces. This problem-solving plan is manifested in the form of (1) an interior design framework or (2) a systematic proposal for further research according to academic principles. The interior design framework serves as the basis for the interior design to be conducted in the Interior Design Final Project and is generated through research that includes the problem context, problem formulation, research method determination, and systematic analysis. The proposed research plan is generated through an assessment of the problem context and a review of literature and other works to determine appropriate research objectives and methods.