Kode Mata KuliahGL5018 / 2 SKS
Penyelenggara220 - Teknik Geologi / FITB
KategoriKuliah
Bahasa IndonesiaEnglish
Nama Mata KuliahPeran Struktur dalam Sistem HidrotermalStructural Control in Hydrothermal System
Bahan Kajian
  1. Pendahuluan
  2. Pemetaan struktur di lapangan dan inti bor
  3. Analisis struktur: - sistem sesar - sistem struktur - sistem instrusi
  4. Analisis struktur dalam batuan metamorf
  5. Kontrol struktur dalam berbagai tipe endapan mineral
  6. Tektonik regional dan dampaknya terhadap kontrol struktur
  7. Studi kasus
  1. Introduction
  2. Field structure mapping and drill core
  3. Structure analysis: - fault system - structure system - intrusion system
  4. Analyze the structure in metamorphic rocks
  5. Structure control in different types of mineral deposits
  6. Regional tectonics and its impact on structure control
  7. Case study
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)
  1. Mampu mengidentifikasi dan menjelaskan peran struktur geologi seperti kekar, lipatan, dan sesar dalam pembentukan endapan mineral logam dan non-logam
  2. Mampu menganalisis dan mengevaluasi pengaruh pertemuan beberapa struktur geologi terhadap prospeksi endapan mineral.
  3. Mampu melakukan identifikasi dan pemetaan struktur geologi untuk memahami penyebaran endapan mineral
  4. Mampu menjelaskan tatanan tektonik tempat struktur-struktur tersebut dapat terbentuk yang akan berperan dalam pemilihan area prospek dalam suatu eksplorasi mineral
  1. Able to identify and explain the role of geological structures such as kinks, folds, and faults in the formation of metal and non-metal mineral deposits.
  2. Able to analyze and evaluate the influence of the confluence of several geological structures on the prospection of mineral deposits.
  3. Able to identify and map geological structures to understand the distribution of mineral deposits
  4. Able to explain the tectonic setting in which these structures can form which will play a role in the selection of prospect areas in a mineral exploration.
Metode PembelajaranKBL (Knowledge Based Learning): Mahasiswa diberi bahan kajian yang diharapkan dapat meningkatkan pengetahuannya, melalui kegiatan seperti ceramah, menonton video. Tepat untuk kuliah yang CPMK-nya mementingkan kognitif. PBL (Problem Based Learning): Mahasiswa dihadapkan pada suatu masalah, dan mencari solusinya dengan mengaplikasikan BK. Tepat untuk kuliah yang CPL-nya mengandung pemecahan masalah (problem solving).KBL (Knowledge Based Learning): Students are given study materials that are expected to improve their knowledge, through activities such as lectures, watching videos. Suitable for lectures whose course learning objective emphasizes cognitive. PBL (Problem Based Learning): Students are faced with a problem, and find a solution by applying study materials. Suitable for lectures whose learning outcomes contains problem solving.
Modalitas PembelajaranLuring: Pengajar dan mahasiswa bertemu langsung di suatu Lokasi, misalnya kelas, laboratorium, maupun lapangan. Daring: Pengajar dan mahasiswa bertemu di dunia maya melalui berbagai media seperti video conference, chat. Sinkron: Pengajar dan Mahasiswa bertemu pada saat yang sama dan dapat saling berinteraksi secara langsung. Asinkron: Pengajar memberikan pengajarannya dalam bentuk tulisan/gambar, audio, maupun video agar dapat diikuti mahasiswa kapan saja, dan interaksi dilakukan melalui tanya jawab tak langsung.Offline: Teachers and students meet directly at a location, such as a classroom, laboratory, or field. Online: Teachers and students meet in cyberspace through various media such as video conferences, chats. Synchronous: Teachers and students meet at the same time and can interact with each other directly. Asynchronous: Teachers provide their teaching in the form of writing/pictures, audio, or video so that students can follow them at any time, and interaction is carried out through indirect questions and answers.
Jenis NilaiABCDE
Metode PenilaianLaporan: Mahasiswa mengerjakan tugas dan membuat laporan Essay: Mahasiswa membuat tulisan panjang (karangan) berisi opini maupun prosedur yang panjang.Report: Students work on assignments and make reports Essay: Students create long writings (compositions) containing opinions or long procedures.
Catatan Tambahan