Kode Mata Kuliah | GL5029 / 2 SKS |
---|
Penyelenggara | 220 - Teknik Geologi / FITB |
---|
Kategori | Kuliah |
---|
| Bahasa Indonesia | English |
---|
Nama Mata Kuliah | Analisis Dampak Lingkungan | Environmental Analysis |
---|
Bahan Kajian | - Pendahuluan ANDAL:
- Pengertian, tujuan, manfaat, prosedur
- Contoh-contoh
- Dasar hukum
- ANDAL untuk Pertambangan:
- Pengertian, tujuan, manfaat, prosedur
- Contoh-contoh
- Dasar hukum masalah ANDAL dalam pengusahaan tambang
- Diskusi dan presentasi dari Mahasiswa
- ANDAL untuk Landfill:
Pengertian, tujuan, manfaat, prosedur, contoh-contoh - Dasar hukum masalah ANDAL terkait landfill
- ANDAL untuk Migas:
Pengertian, tujuan, manfaat, prosedur, contoh-contoh - Dasar hukum masalah ANDAL dalam pengusahaan MIGAS
- ANDAL untuk Konstruksi Teknik Sipil:
Pengertian, tujuan, manfaat, prosedur, contoh-contoh, - Dasar hukum masalah ANDAL untuk konstruksi teknik sipil
- ANDAL untuk Geotermal:
Pengertian, tujuan, manfaat, prosedur, contoh-contoh, - Dasar hukum masalah ANDAL dalam pemanfaatan geotermal
- Project Akhir
- Laporan dan Presentasi Project Akhir:
Hasil project akhir dalam bentuk laporan dan presentasi
| - Enviromental Analysis Introduction:
- Definition, purpose, benefits, procedures
- Examples
- Legal basis
- Enviromental Analysis for Mining:
- Definition, purpose, benefits, procedures
- Examples
- Legal basis for Enviromental Analysis issues in mining operations
- Discussion and presentation from students
- ANDAL for Landfill:
Definition, purpose, benefits, procedures, examples - Legal basis for ANDAL issues related to landfills
- ANDAL for oil and gas:
Definition, objectives, benefits, procedures, examples - Legal basis for ANDAL issues in oil and gas exploitation
- ANDAL for Civil Engineering Construction:
Definition, purpose, benefits, procedures, examples, - Legal basis of ANDAL issues for civil engineering construction
- ANDAL for Geothermal:
Definition, objectives, benefits, procedures, examples, - Legal basis of ANDAL issues in geothermal utilization
- Final Project
- Final Project Report and Presentation:
Final project results in the form of a report and presentation
|
---|
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK) | - Mampu memahami dan menjelaskan prinsip-prinsip dasar analisis dampak lingkungan dari berbagai jenis proyek, termasuk pertambangan mineral, sistem penambangan, proyek migas, proyek geotermal, dan proyek konstruksi sipil seperti bendungan.
- Mampu mengidentifikasi dan mengevaluasi dampak lingkungan dari berbagai jenis proyek melalui penerapan metode investigasi yang relevan terhadap batuan, tanah, air, dan migas.
- Mampu menganalisis data hasil investigasi dampak lingkungan
- Mampu memahami dan menerapkan aturan dan hukum yang berkaitan dengan analisis dampak lingkungan
| - Able to understand and explain the basic principles of environmental impact analysis of various types of projects, including mineral mining, mining systems, oil and gas projects, geothermal projects, and civil construction projects such as dams.
- Able to identify and evaluate environmental impacts of various types of projects through the application of relevant investigation methods on rocks, soil, water, and oil and gas.
- Able to analyze data from environmental impact investigations
- Able to understand and apply rules and laws related to environmental impact analysis
|
---|
Metode Pembelajaran | KBL (Knowledge Based Learning): Mahasiswa diberi bahan kajian yang diharapkan dapat meningkatkan pengetahuannya, melalui kegiatan seperti ceramah, menonton video. Tepat untuk kuliah yang CPMK-nya mementingkan kognitif.
PBL (Problem Based Learning): Mahasiswa dihadapkan pada suatu masalah, dan mencari solusinya dengan mengaplikasikan BK. Tepat untuk kuliah yang CPL-nya mengandung pemecahan masalah (problem solving).
CBL (Case Based Learning): Mahasiswa dihadapkan pada kondisi nyata di Masyarakat / dunia, dan menanggapinya dengan memilih solusi terbaik menggunakan BK. Perlu digunakan untuk kuliah yang CPL-nya mementingkan pengambilan keputusan secara subyektif (etika, profesinalisme, dll.). | PBL (Problem Based Learning): Students are faced with a problem, and find a solution by applying study materials. Suitable for lectures whose learning outcomes contains problem solving.
CBL (Case Based Learning): Students are faced with real conditions in society / the world, and respond to them by choosing the best solution using study materials. Needs to be used for lectures whose learning outcomes emphasizes subjective decision making (ethics, professionalism, etc.). |
---|
Modalitas Pembelajaran | Luring: Pengajar dan mahasiswa bertemu langsung di suatu Lokasi, misalnya kelas, laboratorium, maupun lapangan.
Daring: Pengajar dan mahasiswa bertemu di dunia maya melalui berbagai media seperti video conference, chat.
Sinkron: Pengajar dan Mahasiswa bertemu pada saat yang sama dan dapat saling berinteraksi secara langsung.
Asinkron: Pengajar memberikan pengajarannya dalam bentuk tulisan/gambar, audio, maupun video agar dapat diikuti mahasiswa kapan saja, dan interaksi dilakukan melalui tanya jawab tak langsung. | Offline: Teachers and students meet directly at a location, such as a classroom, laboratory, or field.
Online: Teachers and students meet in cyberspace through various media such as video conferences, chats.
Synchronous: Teachers and students meet at the same time and can interact with each other directly.
Asynchronous: Teachers provide their teaching in the form of writing/pictures, audio, or video so that students can follow them at any time, and interaction is carried out through indirect questions and answers. |
---|
Jenis Nilai | ABCDE |
---|
Metode Penilaian | Laporan: Mahasiswa mengerjakan tugas dan membuat laporan
Presentasi: Mahasiswa melakukan presentasi di depan audiens lain, dan menjawab pertanyaan
Uraian: Soal memberi pertanyaan dengan jawaban terbuka, dijawab dengan mengisi.
Pilihan: Soal memberi pertanyaan dengan jawaban terbatas yang dipilih mahasiswa | Report: Students work on assignments and make reports
Presentation: Students make presentations in front of other audiences, and answer questions
Description: The questions give questions with open answers, answered by filling in the blanks.
Multiple Choice: Questions provide questions with limited answers that students can choose from. |
---|
Catatan Tambahan | | |
---|