Kode Mata KuliahGL5049 / 3 SKS
Penyelenggara220 - Teknik Geologi / FITB
KategoriKuliah
Bahasa IndonesiaEnglish
Nama Mata KuliahValuasi ProspekProspect Valuation
Bahan Kajian
  1. Pendekatan Valuasi
  2. Pemahaman Financial Statement
  3. Dasar-dasar Resiko
  4. Pilihan Teori Pemberian Harga dan Modelnya
  5. Efisiensi Pasar: Definisi, Percobaan dan Bukti
  6. Memperkirakan Parameter Risiko dan Biaya Pembiayaan
  7. Mengukur Pendapatan
  8. Mengubah Pendapatan ke cashflow
  9. Memperkirakan Pertumbuhan
  10. Penyelesaian Penutupan
  1. Valuation Approach
  2. Financial Statement Understanding
  3. Risks Basics
  4. Choice of Pricing Theories and Models
  5. Market Efficiency: Definition, Experiments and Evidences
  6. Estimating Risk Parameters and Costs
  7. Measuring Income
  8. Converting Revenue to Cashflow
  9. Estimating Growth
  10. Settlement Closing
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)
  1. Melakukan suatu valuasi prospek serta mampu menggunakan informasi ini dalam suatu kegiatan eksplorasi mineral.
  2. Memahami filosofi dasar valuasi prospek yang masih dalam tahap eksplorasi serta aturan-aturan yang terkait dengan valuasi
  3. Mampu menyusun dan menganalisis financial statement yang relevan untuk valuasi prospek eksplorasi.
  4. Mampu memahami dan menerapkan filosofi dasar risiko dalam konteks valuasi prospek eksplorasi.
  5. Mampu melakukan valuasi prospek dengan menggunakan berbagai model dan metode, termasuk mengestimasi risiko dan keuntungan yang terkait.
  6. Mampu melakukan perhitungan keekonomian menggunakan metode Discounted Cash Flow (DCF), termasuk Payback Period, Net Present Value (NPV), dan Internal Rate of Return (IRR).
  1. Perform a prospect valuation and be able to use this information in a mineral exploration
  2. Understand the basic philosophy of valuing prospects that are still in the exploration stage and the rules associated with valuation
  3. Able to compile and analyze relevant financial statements for exploration prospect valuation
  4. Able to understand and apply the basic philosophy of risk in the context of exploration prospect valuation
  5. Able to perform prospect valuation using various models and methods, including estimating associated risks and returns
  6. Able to perform economic calculations using the Discounted Cash Flow (DCF) method, including Payback Period, Net Present Value (NPV), and Internal Rate of Return (IRR)
Metode PembelajaranKBL (Knowledge Based Learning): Mahasiswa diberi bahan kajian yang diharapkan dapat meningkatkan pengetahuannya, melalui kegiatan seperti ceramah, menonton video. Tepat untuk kuliah yang CPMK-nya mementingkan kognitif. PBL (Problem Based Learning): Mahasiswa dihadapkan pada suatu masalah, dan mencari solusinya dengan mengaplikasikan BK. Tepat untuk kuliah yang CPL-nya mengandung pemecahan masalah (problem solving). CBL (Case Based Learning): Mahasiswa dihadapkan pada kondisi nyata di Masyarakat / dunia, dan menanggapinya dengan memilih solusi terbaik menggunakan BK. Perlu digunakan untuk kuliah yang CPL-nya mementingkan pengambilan keputusan secara subyektif (etika, profesinalisme, dll.).KBL (Knowledge Based Learning): Students are given study materials that are expected to improve their knowledge, through activities such as lectures, watching videos. Suitable for lectures whose course learning objective emphasizes cognitive. PBL (Problem Based Learning): Students are faced with a problem, and find a solution by applying study materials. Suitable for lectures whose learning outcomes contains problem solving. CBL (Case Based Learning): Students are faced with real conditions in society / the world, and respond to them by choosing the best solution using study materials. Needs to be used for lectures whose learning outcomes emphasizes subjective decision making (ethics, professionalism, etc.).
Modalitas PembelajaranLuring: Pengajar dan mahasiswa bertemu langsung di suatu Lokasi, misalnya kelas, laboratorium, maupun lapangan. Daring: Pengajar dan mahasiswa bertemu di dunia maya melalui berbagai media seperti video conference, chat. Sinkron: Pengajar dan Mahasiswa bertemu pada saat yang sama dan dapat saling berinteraksi secara langsung. Asinkron: Pengajar memberikan pengajarannya dalam bentuk tulisan/gambar, audio, maupun video agar dapat diikuti mahasiswa kapan saja, dan interaksi dilakukan melalui tanya jawab tak langsung.Offline: Teachers and students meet directly at a location, such as a classroom, laboratory, or field. Online: Teachers and students meet in cyberspace through various media such as video conferences, chats. Synchronous: Teachers and students meet at the same time and can interact with each other directly. Asynchronous: Teachers provide their teaching in the form of writing/pictures, audio, or video so that students can follow them at any time, and interaction is carried out through indirect questions and answers.
Jenis NilaiABCDE
Metode PenilaianLaporan: Mahasiswa mengerjakan tugas dan membuat laporan Uraian: Soal memberi pertanyaan dengan jawaban terbuka, dijawab dengan mengisi. Pilihan: Soal memberi pertanyaan dengan jawaban terbatas yang dipilih mahasiswaReport: Students work on assignments and make reports Description: The questions give questions with open answers, answered by filling in the blanks. Multiple Choice: Questions provide questions with limited answers that students can choose from.
Catatan Tambahan