Kode Mata Kuliah | GL5242 / 3 SKS |
---|
Penyelenggara | 220 - Teknik Geologi / FITB |
---|
Kategori | Kuliah |
---|
| Bahasa Indonesia | English |
---|
Nama Mata Kuliah | Eksplorasi Gunungapi dan Geotermal | Exploration in Volcanoes and Geothermal |
---|
Bahan Kajian | - Tektonik dan implikasinya terhadap magmatisme, tipe dan bentuk gunung api
- Vulkanostratigrafi dan Fasies Gunung Api
- Karakteristik Geologi, Geokimia dan Termal Gunung Api Muda
- Karakteristik gunung api muda dari sifat-sifat fisis batuan
- Estimasi umur pendinginan magma, Kedalaman magma dan ukuran magma
- Konsep dan Metode Eksplorasi Panas Bumi di Gunung Api Muda
- Konsep dan metode penginderaan jauh
- Pemetaan Geologi di daerah vulkanik
- Geokimia Fluida sistem hidrotermal gunung api
- Gravitasi dan Magnetik
- Metode Resistivitas (MT-TDEM dan DC-Resistivitas)
- Evaluasi data 3G dalam eksplorasi gunung berapi dan panas bumi
| - Tectonics and its implications for magmatism, types and forms of volcanoes
- Volcanostratigraphy and Volcanic Facies
- Geological, Geochemical and Thermal Characteristics of Young Volcanoes
- Characteristics of young volcanoes from physical properties of rocks
- Estimation of magma cooling age, magma depth and magma size
- Concepts and Methods of Geothermal Exploration in Young Volcanoes
- Concepts and methods of remote sensing
- Geological Mapping in volcanic areas
- Fluid Geochemistry of volcanic hydrothermal systems
- Gravity and Magnetic
- Resistivity Methods (MT-TDEM and DC-Resistivity)
- Evaluation of 3G data in volcano and geothermal exploration
|
---|
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK) | - Memperkirakan adanya sumber panas volkanik muda atau magmatic dangkal pada berbagai tipe gunung api
- Memperkirakan Lokasi sumber panas yang berkaitan dengan system geothermal aktif saat ini, terutama bila sitem tersebut berada pada seting gunung api yang telah dewasa dan mengalami evolusi yang telah lanjut
- Memperkirakan geometri dan kedalaman magma dangkal yang mengontrol suatu kegiatan volkanik atau mengontrol pola konveksi system konveksi system geothermal yang bersosiasi dengan magma dangkal tersebut sebagai sumber panas
- Mengusulkan Metode dan Strategi survey G-G-G yang sesuai untuk mendeteksi sumber panas magmatik muda tersebut.
| - Estimating the presence of young volcanic or shallow magmatic hot springs on different types of volcanoes
- Estimating the location of heat sources associated with currently active geothermal systems, especially if they are in mature volcanic settings with advanced evolution.
- Estimating the geometry and depth of the shallow magma that controls a volcanic activity or controls the convection pattern of the convection system of the geothermal system associated with the shallow magma as a heat source.
- Propose a suitable G-G-G survey method and strategy to detect the young magmatic heat source.
|
---|
Metode Pembelajaran | KBL (Knowledge Based Learning): Mahasiswa diberi bahan kajian yang diharapkan dapat meningkatkan pengetahuannya, melalui kegiatan seperti ceramah, menonton video. Tepat untuk kuliah yang CPMK-nya mementingkan kognitif.
SBL (Skill Based Learning): Mahasiswa diberi bahan kajian yang diharapkan dapat meningkatkan ketrampilannya, melalui kegiatan seperti praktikum, studi lapangan.Tepat untuk kuliah yang CPMK-nya mementingkan psikomotorik
PBL (Problem Based Learning): Mahasiswa dihadapkan pada suatu masalah, dan mencari solusinya dengan mengaplikasikan BK. Tepat untuk kuliah yang CPL-nya mengandung pemecahan masalah (problem solving).
CBL (Case Based Learning): Mahasiswa dihadapkan pada kondisi nyata di Masyarakat / dunia, dan menanggapinya dengan memilih solusi terbaik menggunakan BK. Perlu digunakan untuk kuliah yang CPL-nya mementingkan pengambilan keputusan secara subyektif (etika, profesinalisme, dll.). | KBL (Knowledge Based Learning): Students are given study materials that are expected to improve their knowledge, through activities such as lectures, watching videos. Suitable for lectures whose course learning objective emphasizes cognitive.
SBL (Skill Based Learning): Students are given study materials that are expected to improve their skills, through activities such as practicums, field studies. Suitable for lectures whose course learning outcomes emphasizes psychomotor
PBL (Problem Based Learning): Students are faced with a problem, and find a solution by applying study materials. Suitable for lectures whose learning outcomes contains problem solving.
CBL (Case Based Learning): Students are faced with real conditions in society / the world, and respond to them by choosing the best solution using study materials. Needs to be used for lectures whose learning outcomes emphasizes subjective decision making (ethics, professionalism, etc.). |
---|
Modalitas Pembelajaran | Luring: Pengajar dan mahasiswa bertemu langsung di suatu Lokasi, misalnya kelas, laboratorium, maupun lapangan.
Daring: Pengajar dan mahasiswa bertemu di dunia maya melalui berbagai media seperti video conference, chat.
Sinkron: Pengajar dan Mahasiswa bertemu pada saat yang sama dan dapat saling berinteraksi secara langsung.
Asinkron: Pengajar memberikan pengajarannya dalam bentuk tulisan/gambar, audio, maupun video agar dapat diikuti mahasiswa kapan saja, dan interaksi dilakukan melalui tanya jawab tak langsung. | Offline: Teachers and students meet directly at a location, such as a classroom, laboratory, or field.
Online: Teachers and students meet in cyberspace through various media such as video conferences, chats.
Synchronous: Teachers and students meet at the same time and can interact with each other directly.
Asynchronous: Teachers provide their teaching in the form of writing/pictures, audio, or video so that students can follow them at any time, and interaction is carried out through indirect questions and answers. |
---|
Jenis Nilai | ABCDE |
---|
Metode Penilaian | Laporan: Mahasiswa mengerjakan tugas dan membuat laporan
Presentasi: Mahasiswa melakukan presentasi di depan audiens lain, dan menjawab pertanyaan
Uraian: Soal memberi pertanyaan dengan jawaban terbuka, dijawab dengan mengisi.
Essay: Mahasiswa membuat tulisan panjang (karangan) berisi opini maupun prosedur yang panjang. | Report: Students work on assignments and make reports
Presentation: Students make presentations in front of other audiences, and answer questions
Description: The questions give questions with open answers, answered by filling in the blanks.
Essay: Students create long writings (compositions) containing opinions or long procedures. |
---|
Catatan Tambahan | | |
---|