Kode Mata Kuliah | FA5031 / 4 SKS |
---|
Penyelenggara | 207 - Farmasi / SF |
---|
Kategori | Kuliah |
---|
| Bahasa Indonesia | English |
---|
Nama Mata Kuliah | Pengembangan Bentuk Sediaan Farmasi | Development of Pharmaceutical Dosage Forms |
---|
Bahan Kajian | - Konsep pengembangan bentuk sediaan farmasi dan rutenya
- Karakteristik fisiko kimia berbagai bahan aktif farmasetik
- Barrier absorpsi sebagai konsiderasi pengembangan berbagai bentuk sediaan
- Mekanisme uptake bahan aktif farmasetik (obat, herbal, suplemen, kosmetik)
- Bentuk sediaan oral maju (advanced oral dosage forms)
- Bentuk sediaan parenteral maju (advanced parenteral dosage forms)
- Bentuk sediaan topikal
- Bentuk sediaan transdermal maju (advanced transdermal dosage forms)
- Konsep nanoformulasi
| - Concepts in the development of pharmaceutical dosage forms and their routes.
- Physicochemical characteristics of various pharmaceutical active ingredients.
- Absorption barriers as considerations in the development of various dosage forms.
- Uptake mechanisms of pharmaceutical active ingredients (drugs, herbal products, supplements, cosmetics).
- Advanced oral dosage forms.
- Advanced parenteral dosage forms.
- Topical dosage forms.
- Advanced transdermal dosage forms.
- Concept of nanoformulation.
|
---|
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK) | - Mampu menerapkan dasar karakteristik bahan aktif farmasetik, konsep formulasi untuk menyelesaikan persoalan di dalam pengembangan bentuk sediaan farmasi.
- Mampu menerapkan konsep-konsep terkait pengembangan bentuk sediaan dan rutenya untuk dapat digunakan di industri farmasi.
| - Able to apply the fundamentals of pharmaceutical active ingredient characteristics and formulation concepts to address challenges in pharmaceutical dosage form development.
- Able to apply concepts related to dosage form development and their routes for use in the pharmaceutical industry.
|
---|
Metode Pembelajaran | Kuliah, Diskusi, Tugas mandiri dan kelompok | lecture, discussion, individual and group assignment |
---|
Modalitas Pembelajaran | Audiotorial,visual, sikronous, asinkronous | visual, auditorial, synchronous, asynchronous |
---|
Jenis Nilai | ABCDE |
---|
Metode Penilaian | Kuis, UTS, dan UAS | quiz, mid-exam, final exam |
---|
Catatan Tambahan | | |
---|