Kode Mata KuliahEB2205 / 3 SKS
Penyelenggara183 - Teknik Biomedis / STEI
KategoriKuliah
Bahasa IndonesiaEnglish
Nama Mata KuliahKomputasi dan Analisis Data BiomedisBiomedical Data Analysis and Computing
Bahan Kajian
  1. Error analysis, root, and optimization: pendekatan, kesalahan pembulatan, dan kesalahan pemotongan; akar persamaan non-linear; interpolasi
  2. Numerical linear algebra: sistem persamaan aljabar linear
  3. Numerical differential equations: integrasi dan diferensiasi numerik, persamaan diferensial biasa, kondisi nilai batas, persamaan diferensial parsial
    Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)
    1. Memilih prosedur komputasi numerik yang sesuai untuk berbagai tujuan spesifik, antara lain meliputi analisis kesalahan, optimasi, dan pencarian solusi sistem persamaan linear, persamaan non-linear, persamaan diferensial biasa, maupun persamaan diferensial parsial (IK 1.2, C3)
    2. Merancang prosedur komputasi numerik maupun analisis data yang tepat untuk memecahkan suatu permasalahan spesifik tertentu berdasarkan metode yang telah tersedia (IK 2.3, C3)
    3. Mengikuti dengan benar prosedur pemrograman untuk mengimplementasikan suatu metode komputasi numerik dan/ atau analisis data (IK 6.1, C2)
    4. Menganalisis dan menginterpretasikan hasil dari suatu metode komputasi numerik dan/atau analisis data dengan tepat berdasarkan parameter yang sesuai (IK 6.2, C4)
    5. Mengimplementasikan sebuah prosedur komputasi numerik maupun analisis data menggunakan fungsi-fungsi bawaan yang tersedia maupun fungsi baru yang dibuat sendiri (IK 7.2, P3)
      Metode PembelajaranKuliah dan diskusi kelas
      Modalitas PembelajaranLuring sinkron (dimungkinkan hybrid/daring)
      Jenis NilaiABCDE
      Metode PenilaianKuis atau Tugas, UTS, UAS
      Catatan Tambahan