Kode Mata KuliahTA6014 / 2 SKS
Penyelenggara221 - Rekayasa Pertambangan / FTTM
KategoriKuliah
Bahasa IndonesiaEnglish
Nama Mata KuliahPetrologi OrganikOrganic Petrology
Bahan Kajian
  1. Pendahuluan
  2. Bahan Organik dalam Batuan
  3. Diagenesis dan Proses Pematangan
  4. Komposisi Maseral
  5. Mineral dalam Batuan Kaya Bahan Organik
  6. Analisis Petrografi Organik
  7. Litotipe dan Mikrolitotipe
  8. Komposisi Kimia Batuan Kaya Bahan Organik
  9. Karakteristik Batuan Kaya Bahan Organik dalam Sejarah Bumi
  10. Aplikasi Geologi dan Eksplorasi
    Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)
    1. Mahasiswa memahami dan menguasai pengertian petrologi organik, mengetahui jenis dan klasifikasi batuan kaya bahan organik; pengertian produktivitas primer dan sekunder yang berperan penting sebagai asal bahan organik dalam batuan; salah satu faktor penting bahwa bahan organik yang terendapkan akan terawetkan selama proses pengendapan dan diagenesis.
    2. Mahasiswa mampu menginterpretasikan proses-proses geologi yang mengontrol pematangan bahan organik dalam batuan; memodelkan proses kinetika selama pematangan, parameter untuk menentukan tingkat kematangan, dan alterasi bahan organik akibat perubahan temperatur; mengidentifikasi dan mengklasifikasikan maseral menurut beberapa sistem; memahami dan mengenali grup maseral vitrinit dan liptinit; menganalisis komposisi maseral inertinit serta maseral-maseral yang umum pada oil shale dan batuan sumber minyak dan gas bumi; serta menginterpretasikan proses pengendapan mineral dalam batuan kaya bahan organik serta mampu mengenalinya.
    3. Mahasiswa memahami prosedur preparasi dan analisis mikroskopis; menginterpretasikan litotipe dan mikrolitotipe batuan; menganalisis komposisi kimia dalam batuan kaya bahan organik termasuk unsur mayor, minor, dan jejak; menginterpretasi ciri-ciri batuan kaya bahan organik dari waktu ke waktu dalam sejarah pembentukan bumi; serta mengaplikasikan ilmu petrologi organik untuk eksplorasi hidrokarbon
      Metode PembelajaranKuliah, Diskusi, Kerja Mandiri, Studi Kasus
      Modalitas PembelajaranLuring Sinkron
      Jenis NilaiABCDE
      Metode PenilaianTugas 20%, UTS 40%, UAS 40%
      Catatan Tambahan