| Kode Mata Kuliah | TC5107 / 3 SKS |
|---|
| Penyelenggara | 279 - Technoculture / SPS |
|---|
| Kategori | Lecture |
|---|
| Bahasa Indonesia | English |
|---|
| Nama Mata Kuliah | Teknologi dan Realitas Sosial | Technology & Social Reality |
|---|
| Bahan Kajian | - Hubungan kompleks antara teknologi dan masyarakat.
- Bagaimana perkembangan teknologi membentuk dan dibentuk oleh kekuatan budaya.
- Cara teknologi tertanam dalam struktur kekuasaan, praktik budaya, dan sistem pembentukan makna.
- Analisis kritis teknologi dalam konteks kekuatan sosial politik.
- Dampak teknologi yang sedang berkembang pada praktik sosial, identitas, dan produksi budaya.
| - The complex relationship between technology and society.
- How technological developments shape and are shaped by cultural forces.
- How technology is embedded in power structures, cultural practices, and systems of meaning-making.
- Critical analysis of technology in the context of socio-political power.
- The impact of emerging technologies on social practices, identities, and cultural production.
|
|---|
| Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK) | - Menerapkan kerangka teoritis kunci untuk menganalisis hubungan antara teknologi dan masyarakat
- Mengevaluasi secara kritis bagaimana hubungan kekuasaan sosial menyusun perkembangan teknologi
- Menganalisis bagaimana artefak teknologi mewujudkan nilai dan asumsi budaya
- Menilai dampak teknologi yang sedang berkembang pada praktik sosial, identitas, dan produksi budaya
- Mengembangkan pendekatan penelitian yang menangani fenomena teknokultural yang kompleks
- Mengartikulasikan implikasi etis dari sistem dan inovasi teknologi
| - Apply key theoretical frameworks to analyze the relationship between technology and society.
- Critically evaluate how social power relations structure technological development
- Analyze how technological artifacts embody cultural values and assumptions
- Assess the impact of emerging technologies on social practices, identities, and cultural production
- Develop research approaches that address complex technocultural phenomena
- Articulate the ethical implications of technological systems and innovations.
|
|---|
| Metode Pembelajaran | Diskusi seminar tingkat pascasarjana, fasilitasi diskusi mahasiswa, presentasi, workshop penelitian, analisis studi kasus, latihan analisis visual dan wacana. | Graduate level seminar discussions, student discussion facilitation, presentations, research workshops, case study analysis, visual and discourse analysis exercises. |
|---|
| Modalitas Pembelajaran | Luring sinkron, daring sinkron, daring asinkron, LMS, akses sumber daya digital, workspace kolaboratif. | Synchronous offline, synchronous online, asynchronous online, LMS, digital resource access, collaborative workspace. |
|---|
| Jenis Nilai | ABCDE |
|---|
| Metode Penilaian | • Partisipasi diskusi mingguan: 20%
• Respons bacaan (4 x 5%): 20%
• Proposal proyek tengah semester: 15%
• Presentasi di kelas: 15%
• Makalah penelitian akhir: 30% | • Weekly discussion participation: 20%
• Reading responses (4 x 5%): 20%
• Midterm project proposal: 15%
• In-class presentation: 15%
• Final research paper: 30% |
|---|
| Catatan Tambahan | | |
|---|