Kode Mata KuliahTC5115 / 3 SKS
Penyelenggara279 - Technoculture / SPS
KategoriLecture
Bahasa IndonesiaEnglish
Nama Mata KuliahFilsafat Terapan: Perspektif Kritis tentang TeknokulturApplied Philosophy: Critical Perspectives on Technoculture
Bahan Kajian
  1. Implikasi filosofis peran teknologi dalam membentuk budaya, identitas, dan masyarakat kontemporer
  2. Cara teknologi memediasi pengalaman manusia dan mentransformasi pemahaman konsep fundamental
  3. Analisis konsep nature, embodiment, space, aesthetics, dan language dalam konteks teknologi
  4. Interrelasi kompleks antara sistem teknologi, praktik budaya, dan pemikiran filosofis
  5. Bagaimana teknologi menjadi tidak terpisahkan dari pemahaman ontologis tentang makna menjadi manusia
  1. Philosophical implications of the role of technology in shaping contemporary culture, identity, and society
  2. How technology mediates human experience and transforms the understanding of fundamental concepts
  3. Analysis of the concepts of nature, embodiment, space, aesthetics, and language in the context of technology
  4. The complex interrelationship between technological systems, cultural practices, and philosophical thought
  5. How technology has become inseparable from the ontological understanding of what it means to be human
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)
  1. Menganalisis secara kritis perkembangan teknologi melalui berbagai kerangka filosofis
  2. Mengartikulasikan hubungan kompleks antara teknologi, budaya, dan kekuasaan
  3. Mengevaluasi bagaimana teknologi membentuk dan dibentuk oleh nilai-nilai agama, etika, dan sosial
  4. Menerapkan konsep teoritis pada fenomena teknokultural kontemporer
  5. Mengembangkan posisi penelitian orisinal tentang peran teknologi dalam masyarakat
  6. Mendemonstrasikan pemahaman lanjutan tentang pemikir kunci dalam studi teknokultural
  1. Critically analyze technological developments through multiple philosophical frameworks
  2. Articulate complex relationships between technology, culture, and power
  3. Evaluate how technologies shape and are shaped by religious, ethical, and social values
  4. Apply theoretical concepts to contemporary technocultural phenomena
  5. Develop original research positions on technology's role in society
  6. Demonstrate advanced understanding of key thinkers in technocultural studies
Metode PembelajaranSeminar filosofis, diskusi tekstual mendalam, analisis kritis, debat teoritis, presentasi mahasiswa, workshop hermeneutik, analisis kasus filosofisPhilosophical seminars, in-depth textual discussions, critical analysis, theoretical debates, student presentations, hermeneutic workshops, philosophical case analysis
Modalitas PembelajaranLuring sinkron, daring sinkron, daring asinkron, LMS, akses pustaka filosofis digital, film dan media untuk analisisSynchronous offline, synchronous online, asynchronous online, LMS, access to digital philosophical libraries, films and media for analysis
Jenis NilaiABCDE
Metode Penilaian• Makalah respons mingguan: 25% • Partisipasi kelas dan kepemimpinan diskusi: 20% • Proposal penelitian tengah semester: 15% • Makalah penelitian akhir: 30% • Presentasi akhir: 10%• Weekly response paper: 25% • Class participation and discussion leadership: 20% • Midterm research proposal: 15% • Final research paper: 30% • Final presentation: 10%
Catatan Tambahan