Kode Mata KuliahAR2201 / 3 SKS
Penyelenggara152 - Architecture / SAPPK
KategoriLecture
Bahasa IndonesiaEnglish
Nama Mata KuliahKuliah LapanganField Study
Bahan Kajian
  1. BK 1.1 Arsitektur, Seni dan Teknologi: hubungan arsitektur dengan seni, ilmu pengetahuan dan teknologi berdasarkan teori dan pengetahuan tentang seni, ilmu pengetahuan dan teknologi
  2. BK 1.2 Sejarah dan Budaya Arsitektur Dunia: keragaman sejarah dan budaya arsitektur dunia
  3. BK 1.3 Sejarah dan Tradisi Arsitektur Indonesia: filosofi, prinsip arsitektur dan tradisi budaya arsitektur Indonesia yang unik
  4. BK 1.4 Arsitektur dan Masyarakat: faktor-faktor dan keterkaitan antara manusia, budaya, ekonomi dan kebijakan yang mempengaruhi arsitektur dan lingkungan perkotaan
  5. BK 3.1 Prinsip Struktur Bangunan: teori dasar struktur dan prinsip mekanikal, serta menerapkan berbagai prinsip struktur dalam perancangan.
  6. BK 3.2 Sistem Struktur: metode penerapan berbagai sistem struktur seperti struktur beton bertulang, dan pemahaman dokumentasi struktur.
  7. BK 3.3 Sistem Pengendalian Lingkungan: karakteristik termal, cahaya, akustik, kualitas udara dalam ruangan, dan manajemen energi, serta prinsip dasar dan metode penerapan sistem pengendalian lingkungan yang berkelanjutan.
  8. BK 3.4 Sistem Utilitas Bangunan: prinsip dasar dan metode penerapan sistem utilitas bangunan yang meliputi mekanikal, elektrikal, komunikasi, keselamatan kebakaran, dan mitigasi bencana.
  9. BK 3.5 Konstruksi Bangunan dan Manajemen Konstruksi: persyaratan sumber daya fisik, manusia, dan teknis, serta penganggaran yang diperlukan untuk konstruksi bangunan, dan pemahaman berbagai metode pelaksanaan proyek, proses konstruksi, dan manajemen konstruksi.
  1. BK 1.1 Architecture, Art and Technology: architecture's relationship with art, science and technology based on theories and knowledge of art, science and technology
  2. BK 1.2 World Architectural History and Culture: the diversity of world architectural history and culture
  3. BK 1.3 Indonesian Architectural History and Traditions: the philosophy, architectural principles and cultural traditions of Indonesia's unique architecture
  4. BK 1.4 Architecture and Society: the factors and interrelationships between people, culture, economics and policy that influence architecture and the urban environment
  5. BK 3.1 Building Structure Principles: basic theories of structure and mechanical principles, and applying various structural principles in design.
  6. BK 3.2 Structural Systems: methods of applying various structural systems such as reinforced concrete structures, and understanding structural documentation.
  7. BK 3.3 Environmental Control Systems: thermal characteristics, light, acoustics, indoor air quality, and energy management, as well as basic principles and methods of applying sustainable environmental control systems.
  8. BK 3.4 Building Utility Systems: basic principles and methods of implementing building utility systems that include mechanical, electrical, communication, fire safety, and disaster mitigation.
  9. BK 3.5 Building Construction and Construction Management: the physical, human, and technical resource requirements and budgeting necessary for building construction, and an understanding of various project execution methods, construction processes, and construction management.
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)
  1. Mampu mengidentifikasi teori desain dari obyek arsitektur yang diamati
  2. Mampu mengidentifikasi konteks sejarah dan budaya dari obyek arsitektur yang diamati
  3. Mampu memaparkan kajian sejarah pada lokasi, berkaitan dengan artefak khas yang ada
  4. Mampu menjelaskan konteks dan bagaimana obyek arsitektur bisa dihasilkan pada wilayah tertentu
  5. Mampu menganalisis elemen sistem bangunan terutama sistem struktur dan utilitas yang ada
  6. Mampu mengidentifikai elemen struktur dan material yang digunakan beserta sistem sambungan yang ada
  7. Mampu mengidentifikasi cara kerja bangunan terkait fisika bangunannya
  8. Mampu mengidentifikai sistem pendukung berupa utilitas pada bangunan dan perannya untuk mendukung fungsi bangunan
  9. Mampu memahami aspek operasional pada bangunan yang diamati dikaitkan dengan pengelolaan serta penyelesaian dari masalah yang timbul akibat penerapan satu sistem tertentu
  10. Mahasiswa mampu mendokumentasikan dengan baik data lapangan ke catatan atau laporan kunjungan
  11. Mahasiswa mampu mempresentasikan sistem bangunan yang diamati
  12. Mahasiswa dapat menyebarluaskan hasil kunjungan dan pengamatan dalam bentuk acara diseminasi serta buku hasil kunjungan.
  13. Mahasiswa mampu mengorganisasi kegiatan ke lapangan mulai dari persiapan, perjalanan dan mengurus berbagai aspek berkaitan dengan korespondensi dan pelaporan
  1. Able to identify design theories from the observed architectural objects
  2. Able to identify the historical and cultural context of the observed architectural objects
  3. Able to explain the historical study of the location, related to the existing typical artefacts
  4. Able to explain the context and how architectural objects can be produced in certain areas
  5. Able to analyse building system elements, especially existing structural and utility systems
  6. Able to identify structural elements and materials used along with the existing connection system
  7. Able to identify how the building works related to building physics
  8. Able to identify supporting systems in the form of utilities in buildings and their role to support building functions
  9. Able to understand the operational aspects of the observed building associated with the management and resolution of problems arising from the application of a particular system.
  10. Students are able to properly document field data into notes or visit reports
  11. Students are able to present the building system observed
  12. Students are able to disseminate the results of visits and observations in the form of dissemination events and visit result books.
  13. Students are able to organise activities to the field starting from preparation, travel and taking care of various aspects related to correspondence and reporting.
Metode PembelajaranDiskusi Kelompok, Studi Kasus, Pembelajaran Berbasis ProyekGroup Discussion, Case Study, Project Based Learning
Modalitas PembelajaranLuring, Mandiri Diskusi KelompokOffline, Independent Group Discussion
Jenis NilaiABCDE
Metode PenilaianTugas Besar, Logbook perjalanan dan hasil rekam data Keaktifan Mahasiswa,Major Assignment, Travel logbooks and data record results Student Activity,
Catatan Tambahan