Kode Mata Kuliah | AR2113 / 3 SKS |
---|
Penyelenggara | 152 - Architecture / SAPPK |
---|
Kategori | Lecture |
---|
| Bahasa Indonesia | English |
---|
Nama Mata Kuliah | Bedah Karya Arsitektur | Analysis of Architectural Projects |
---|
Bahan Kajian | - BK 1.1 Arsitektur, Seni dan Teknologi: hubungan arsitektur dengan seni, ilmu pengetahuan dan teknologi berdasarkan teori dan pengetahuan tentang seni, ilmu pengetahuan dan teknologi
- BK 1.4 Arsitektur dan Masyarakat: faktor-faktor dan keterkaitan antara manusia, budaya, ekonomi dan kebijakan yang mempengaruhi arsitektur dan lingkungan perkotaan
- BK 2.2 Perencanaan Tapak dan Ruang Luar: menganalisis dan mengevaluasi lingkungan alam dan manusia dari tapak, memahami karakteristik kawasan, dan merencanakan ruang luar, tapak dan perencanaan tapak berdasarkan pemahaman perencanaan lanskap perkotaan
- BK 2.6 Arsitektur dan Perencanaan Kota: prinsip-prinsip dasar perencanaan kota, perencanaan komunitas, dan rencana unit kawasan dalam melakukan perencanaan kota.
| - BK 1.1 Architecture, Art and Technology: architecture's relationship with art, science and technology based on theories and knowledge of art, science and technology
- BK 1.4 Architecture and Society: the factors and interrelationships between people, culture, economics and policy that influence architecture and the urban environment
- BK 2.2 Site and Outdoor Space Planning: the natural and human environment of the site, understanding the characteristics of the area, and planning outdoor space, site and site planning based on an understanding of urban landscape planning.
- BK 2.6 Architecture and Urban Planning: basic principles of urban planning, community planning, and area unit plans in conducting urban planning.
|
---|
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK) | - Mahasiswa mampu menjelaskan tiga pilar dalam Arsitektur yang tertuang dalam Vitruvian triumvirates
- Mahasiswa mampu mengapresiasi dan mengkritisi karya-karya arsitektur secara proporsional
- Mahasiswa mampu menganalisis desain arsitektur yang didesain oleh mesin (AI generated architecture)
- Mahasiswa mampu menganalisis bagaimana suatu karya arsitektur digunakan oleh penggunanya dan dampak sosial yang diberikan kepada masyarakat sekitarnya
- Mahasiswa mampu menjelaskan arti penting pembelajaran preseden dalam perancangan arsitektur
- Mahasiswa mampu menganalisis gambar preliminari desain (denah, tampak, potongan)
- Mahasiswa mampu menganalisis aspek-aspek internal dan eksternal arsitektur dalam menilai arsitektur yang baik (good architecture)
- Mahasiswa mampu menerapkan ide yang didapatkan dari analisis dalam konsep desain arsitektur
- Mahasiswa mampu menganalisis desain arsitektur dan dampaknya pada ruang kota
| - Students are able to explain the three pillars in architecture as stated in Vitruvian triumvirates
- Students are able to appreciate and criticise architectural works proportionally
- Students are able to analyse architecture designs that are designed by machine (AI generated architecture)
- Students are able to analyse how an architectural work is used by its users and the social impact given to the surrounding community
- Students are able to explain the importance of precedent learning in architectural design
- Students are able to analyse preliminary design drawings (plan, elevation, section)
- Students are able to analyse internal and external aspects of architecture in assessing good architecture
- Students are able to apply ideas obtained from analyses in architectural design concepts
- Students are able to analyse architectural design and its impact on urban space
|
---|
Metode Pembelajaran | Clasical (ceramah)
Group discussion (diskusi kelompok)
Mini workshop (with hands-on activities activities)
Inquiry-based learning (pembelajaran berbasis pertanyaan)
Active learning strategies (strategi pembelajaran aktif) | Clasical (lecture)
Group discussion
Mini workshop (with hands-on activities)
Inquiry-based learning
Active learning strategies |
---|
Modalitas Pembelajaran | Luring sinkron | Synchronous offline |
---|
Jenis Nilai | ABCDE |
---|
Metode Penilaian | Tugas individu, tugas kelompok, UTS, UAS | Individual assignments, group assignments, mid exam, final exam |
---|
Catatan Tambahan | | |
---|