Kode Mata Kuliah | AR3112 / 3 SKS |
---|
Penyelenggara | 152 - Arsitektur / SAPPK |
---|
Kategori | Kuliah |
---|
| Bahasa Indonesia | English |
---|
Nama Mata Kuliah | Arsitektur Guna Ulang Adaptif | Adaptive Reuse Architecture |
---|
Bahan Kajian | - BK 2.1 Tata Ruang dan Bentuk: bentuk dan ruang yang kreatif, dan berkomunikasi dengan alat dan media yang tepat secara efektif
- BK 2.3 Perancangan Keselamatan Jiwa: merancang dengan mempertimbangkan keselamatan dan evakuasi berdasarkan pemahaman komprehensif yang melindungi kehidupan manusia dan harta benda
- BK 2.4 Bahan Bangunan dan Metode Komposisinya: merancang berdasarkan eksplorasi dan pemahaman tentang metode pemilihan dan komposisi bahan bangunan arsitektur
- BK 2.5 Integrasi Sistem Bangunan dalam Desain: merancang dengan pemahaman tentang prinsip-prinsip sistem bangunan, mengintegrasikan elemen-elemen seperti struktur, sistem selubung, bahan, dan sistem mekanis dalam sebuah bangunan.
| - BK 2.1 Space and Form: Creative form and space, and communicating effectively with appropriate tools and media.
- BK 2.3 Life Safety Design: design with safety and evacuation in mind based on a comprehensive understanding that protects human life and property.
- BK 2.4 Building Materials and Composition Methods: design based on exploration and understanding of the selection and composition methods of architectural building materials.
- BK 2.5 Integration of Building Systems in Design: designing with an understanding of the principles of building systems, integrating elements such as structures, envelope systems, materials, and mechanical systems in a building.
|
---|
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK) | - Mahasiswa mampu melakukan assessmen ruang dan bentuk dari bangunan yang diubah suai.Menelaah fungsional dan estetika yang disusun ke dalam rencana kegiatan pemanfaatan.
- Mahasiswa mampu melakukan metode asesmen kelayakan teknis (kerekayasaan/teknologi, keamanan dan keselamatan) pada bangunan yang diubah-suai.
- Mahasiswa dapat menjelaskan prinsip sistem bangunan yang diubah-suai.
- Mahasiswa dapat menjelaskan prinsip sistem bangunan yang diubah-suai.
| - Students are able to assess the space and form of the adaptive reuse building. Examine the functional and aesthetics that are compiled into the utilisation activity plan.
- Students are able to conduct technical feasibility assessment methods (engineering/technology, security and safety) in adaptive reuse buildings.
- Students are able to explain the principle of an adaptive reuse building system.
- Students are able to explain the principle of an adaptive reuse building system.
|
---|
Metode Pembelajaran | Clasical (ceramah)
Group discussion (diskusi kelompok)
Site visit (kunjungan lapangan)
Project-based learning (pembelajaran berbasis proyek)
Active learning strategies (strategi pembelajaran aktif) | Clasical (lecture)
Group discussion
Site visit
Project-based learning
Active learning strategies |
---|
Modalitas Pembelajaran | Luring sinkron | Synchronous offline |
---|
Jenis Nilai | ABCDE |
---|
Metode Penilaian | Tugas kelompok, UTS, UAS | Group assignments, midterms, final exams |
---|
Catatan Tambahan | - | - |
---|