Kode Mata KuliahAR3213 / 3 SKS
Penyelenggara152 - Architecture / SAPPK
KategoriLecture
Bahasa IndonesiaEnglish
Nama Mata KuliahMetode Generatif dan Optimasi dalam Proses PerancanganGenerative and Optimization Methods in Design Process
Bahan Kajian
  1. BK 1.1 Arsitektur, Seni dan Teknologi: hubungan arsitektur dengan seni, ilmu pengetahuan dan teknologi berdasarkan teori dan pengetahuan tentang seni, ilmu pengetahuan dan teknologi
  2. BK 2.1 Tata Ruang dan Bentuk: bentuk dan ruang yang kreatif, dan berkomunikasi dengan alat dan media yang tepat secara efektif
  1. BK 1.1 Architecture, Art and Technology: architecture's relationship with art, science and technology based on theories and knowledge of art, science and technology
  2. BK 2.1 Space and Form: Creative form and space, and communicating effectively with appropriate tools and media.
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)
  1. Memahami konsep, prinsip fundamental dan metode desain generatif dalam proses desain arsitektur.
  2. Memahami konsep, prinsip fundamental dan metode optimisasi dalam proses desain arsitektur.
  3. Mampu menggunakan metode generatif dan optimisasi dalam mewujudkan ruang dan bentuk kreatif dalam proses desain arsitektur.
  1. Understand the concepts, fundamental principles and methods of generative design in the architectural design process.
  2. Understand the concepts, fundamental principles and methods of optimisation in the architectural design process.
  3. Able to use generative and optimisation methods in realising creative spaces and forms in the architectural design process.
Metode PembelajaranPembelajaran di ruang komputer atau ruang yang memungkinkan mahasiswa menggunakan Laptop, yang meliputi kuliah ceramah tatap muka dan tutorial praktikum pemrograman, diskusi mengerjakan latihan program sederhana dan pembuatan tugas individual. Penugasan terstruktur untuk dapat mendemonstrasikan pemahaman dan kemampuan generatif serta optimasi dalam penciptaan komposisi geometri. Kegiatan mandiri berupa belajar online dari beberapa sumber untuk mengembangkan kemampuan abstraksi dan pemrograman generatif serta metode optimasi, mengenali masalah yang dapat diabstraksikan sebagai persoalan generatif dan optimasi komputasional.Learning in a computer room or space that allows students to use a Laptop, which includes face-to-face lectures and programming practicum tutorials, discussions working on simple program exercises and making individual assignments. Structured assignments to be able to demonstrate understanding and generative and optimisation skills in the creation of geometric compositions. Independent activities in the form of online learning from several sources to develop abstraction skills and generative programming and optimisation methods, recognising problems that can be abstracted as generative problems and computational optimisation.
Modalitas PembelajaranLuring/ tatap muka dengan kombinasi daring synchronous maupun asynchronous menggunakan media Zoom dan Edunex. Diskusi kasus atau persoalan generative dan optimasi di kelasOffline / face-to-face with a combination of synchronous and asynchronous online using Zoom and Edunex media. Discussion of cases or generative and optimisation problems in class
Jenis NilaiABCDE
Metode PenilaianPenilaian dilakukan berdasarkan kinerja mahasiswa di kelas serta pengerjaan tugas-tugas dengan distribusi sebagai berikut Keaktifan di kelas 10% Tugas 1: Generatif 45% Tugas 2: Optimasi 45%Assessment is based on student performance in class as well as assignments with the following distribution Activeness in class 10% Task 1: Generative 45% Task 2: Optimisation 45%
Catatan Tambahan