Kode Mata KuliahAR3214 / 3 SKS
Penyelenggara152 - Arsitektur / SAPPK
KategoriKuliah
Bahasa IndonesiaEnglish
Nama Mata KuliahPengantar Penelitian ArsitekturIntroduction to Architectural Research
Bahan Kajian
  1. BK 1.1 Arsitektur, Seni dan Teknologi: hubungan arsitektur dengan seni, ilmu pengetahuan dan teknologi berdasarkan teori dan pengetahuan tentang seni, ilmu pengetahuan dan teknologi
  2. BK 1.4 Arsitektur dan Masyarakat: faktor-faktor dan keterkaitan antara manusia, budaya, ekonomi dan kebijakan yang mempengaruhi arsitektur dan lingkungan perkotaan
  1. BK 1.1 Architecture, Art and Technology: architecture's relationship with art, science and technology based on theories and knowledge of art, science and technology
  2. BK 1.4 Architecture and Society: the factors and interrelationships between people, culture, economics and policy that influence architecture and the urban environment
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)
  1. Memahami ragam pendekatan penelitian kualitatif dan kuantitatif
  2. Memahami tiga metode pengumpulan data, dan menerapkan metode pengumpulan data observasi dan arsip.
  3. Memahami metode analisis data kualitatif dan kuantitatif, dan menerapkan analisis kualitatif.
  4. Menerapkan sebagian dari lima kategori penelitian arsitektur.
  5. Menganalisis dan mengevaluasi fakta, permasalahan, persoalan, kriteria, dan konsep perancangan.
  6. Menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi penelitian preseden
  7. Menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi penelitian tapak dan konteks
  8. Menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi penelitian persoalan perancangan
  1. Understand different qualitative and quantitative research approaches
  2. Understand the three methods of data collection, and apply observational and archival data collection methods
  3. Understand qualitative and quantitative data analysis methods, and apply qualitative analysis
  4. Apply some of the five categories of architectural research
  5. Analyse and evaluate design facts, problems, issues, criteria and concepts
  6. Apply, analyse and evaluate precedent research
  7. Apply, analyse and evaluate site and context research
  8. Apply, analyse and evaluate design issues research
Metode PembelajaranCeramah/kuliah pakar Project-based learning (PjBL) TutorialLecture/expert lecture Project-based learning (PjBL) Tutorial
Modalitas PembelajaranLuring (sinkron) dan daring (sinkron dan asinkron)Offline (synchronous) and online (synchronous and asynchronous)
Jenis NilaiABCDE
Metode PenilaianTugasAssignments
Catatan Tambahan--