Kode Mata KuliahAR4111 / 3 SKS
Penyelenggara152 - Architecture / SAPPK
KategoriLecture
Bahasa IndonesiaEnglish
Nama Mata KuliahPlacemaking dan Eksperimen SosialPlacemaking and Social Experiment
Bahan Kajian
  1. BK 1.4 Arsitektur dan Masyarakat: faktor-faktor dan keterkaitan antara manusia, budaya, ekonomi dan kebijakan yang memengaruhi arsitektur dan lingkungan perkotaan
  2. BK 2.6 Arsitektur dan Perencanaan Kota: prinsip-prinsip dasar perencanaan kota, perencanaan komunitas, dan rencana unit kawasan dalam melakukan perencanaan kota.
  1. BK 1.4 Architecture and Society: factors and interrelationships between people, culture, economics and policy that influence architecture and the urban environment
  2. BK 2.6 Architecture and Urban Planning: basic principles of urban planning, community planning, and area unit plans in conducting urban planning.
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)
  1. Mampu memahami apa placemaking, mengapa placemaking diperlukan dan bagaimana menganalisa issue berkaitan dengan pengguna dan tempat, khususnya dalam perancangan kota
  2. Mampu memahami peran unsur pengguna dalam placemaking dan mengkarakterisasi unsur penggunanya
  3. Mampu merancang kegiatan dengan menggunakan teori placemaking, termasuk mampu menganalisa persoalan yang ada dalam suatu masyarakat perkotaan tertentu.
  4. Mampu mengimplementasikan/ merancang melalui sosial experimen dengan tujuan memberi solusi nyata atas persoalan dalam masyarakat perkotaan, termasuk mengaplikasikan customer map journey
  5. Mampu mengevaluasi dan mengkomunikasikan hasil eksperimen sosial
  1. Able to understand what placemaking is, why placemaking is needed and how to analyse issues related to users and places, especially in urban design.
  2. Able to understand the role of the user element in placemaking and characterise the user element.
  3. Able to design activities using placemaking theory, including being able to analyse the problems that exist in a particular urban community.
  4. Able to implement/design through social experiments with the aim of providing real solutions to problems in urban communities, including applying customer journey maps.
  5. Able to evaluate and communicate the results of social experiments
Metode PembelajaranCeramah Diskusi kelompok Pembelajaran berbasis Masalah/Studi Kasus Pelaksanaan sosial eksperimen di lapanganLecture Group discussion Problem-based learning/Case studies Implementation of social experiments in the field
Modalitas PembelajaranLuring Sinkron Bauran/Daring AsinkronSynchronous Offline Asynchronous Blended/Online
Jenis NilaiABCDE
Metode PenilaianTugas Individu, Tugas Kelompok, Ujian Tengah Semester, UASIndividual Assignment, Group Assignment, Mid Semester Exam, Final Exam
Catatan Tambahan