Kode Mata KuliahAR3216 / 3 SKS
Penyelenggara152 - Architecture / SAPPK
KategoriLecture
Bahasa IndonesiaEnglish
Nama Mata KuliahPengantar Pemodelan dan Simulasi Kinerja DesainIntroduction to Design Performance Simulation and Modelling
Bahan Kajian
  1. BK 1.1 Arsitektur, Seni dan Teknologi: hubungan arsitektur dengan seni, ilmu pengetahuan dan teknologi berdasarkan teori dan pengetahuan tentang seni, ilmu pengetahuan dan teknologi
  2. BK 2.5 Integrasi Sistem Bangunan dalam Desain: merancang dengan pemahaman tentang prinsip-prinsip sistem bangunan, mengintegrasikan elemen-elemen seperti struktur, sistem selubung, bahan, dan sistem mekanis dalam sebuah bangunan.
  1. BK 1.1 Architecture, Art and Technology: architecture's relationship with art, science and technology based on theories and knowledge of art, science and technology
  2. BK 2.5 Integration of Building Systems in Design: designing with an understanding of the principles of building systems, integrating elements such as structures, envelope systems, materials, and mechanical systems in a building.
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)
  1. Memahami konsep, prinsip fundamental dan metode pemodelan parametrik untuk simulasi kinerja desain
  2. Memahami konsep, prinsip fundamental dan metode simulasi terkait cahaya matahari
  3. Mampu menggunakan metode pemodelan dan simulasi terkait cahaya matahari untuk mengukur kinerja desain.
  1. Understand the concepts, fundamental principles and methods of parametric modelling for design performance simulation
  2. Understand the concepts, fundamental principles and simulation methods related to sunlight
  3. Able to use modelling and simulation methods related to sunlight to measure design performance.
Metode PembelajaranPembelajaran di ruang komputer atau ruang yang memungkinkan mahasiswa menggunakan Laptop, yang meliputi kuliah ceramah tatap muka dan tutorial praktikum pemrograman, diskusi mengerjakan latihan program sederhana dan pembuatan tugas individual. Penugasan terstruktur untuk dapat mendemonstrasikan pemahaman dan kemampuan pemodelan dan simulasi parametrik sederhana pada sistem dan komponen arsitektur pada bangunan untuk meningkatkan kinerja bangunan. Kegiatan mandiri berupa belajar online dari beberapa sumber untuk mengembangkan kemampuan abstraksi dan pemrograman parametrik untuk pemodelan dan simulasi kinerja desain, mengenali masalah yang dapat diabstraksikan sebagai persoalan performatif komputasional.Learning in a computer room or space that allows students to use a Laptop, which includes face-to-face lectures and programming practicum tutorials, discussions working on simple program exercises and making individual assignments. Structured assignments to be able to demonstrate understanding and ability of simple parametric modelling and simulation of architectural systems and components in buildings to improve building performance. Independent activities in the form of online learning from several sources to develop abstraction and parametric programming skills for modelling and simulating design performance, identifying problems that can be abstracted as computational performative problems.
Modalitas PembelajaranLuring/ tatap muka dengan kombinasi daring synchronous maupun asynchronous menggunakan media Zoom dan Edunex. Diskusi kasus atau persoalan pemodelan simulasi parametrik di kelasOffline / face-to-face with a combination of synchronous and asynchronous online using Zoom and Edunex media. Discussion of parametric simulation modelling cases or problems in class.
Jenis NilaiABCDE
Metode PenilaianPenilaian dilakukan berdasarkan kinerja mahasiswa di kelas serta pengerjaan tugas-tugas dengan distribusi sebagai berikut Keaktifan di kelas 10% Tugas 1: Performatif Modeling pada Massing 45% Tugas 2: Performatif Simulation pada Komponen Arsitektural 45%Assessment is based on student performance in class as well as assignments with the following distribution Activeness in class 10% Assignment 1: Performative Modelling on Massing 45% Task 2: Performative Simulation on Architectural Components 45%
Catatan Tambahan