Kode Mata KuliahAR4231 / 3 SKS
Penyelenggara152 - Architecture / SAPPK
KategoriLecture
Bahasa IndonesiaEnglish
Nama Mata KuliahKritik ArsitekturArchitectural Criticism
Bahan Kajian
  1. BK 1.1 Arsitektur, Seni dan Teknologi: hubungan arsitektur dengan seni, ilmu pengetahuan dan teknologi berdasarkan teori dan pengetahuan tentang seni, ilmu pengetahuan dan teknologi
  2. BK 1.2 Sejarah dan Budaya Arsitektur Dunia: keragaman sejarah dan budaya arsitektur dunia
  3. BK 1.3 Sejarah dan Tradisi Arsitektur Indonesia: filosofi, prinsip arsitektur dan tradisi budaya arsitektur Indonesia yang unik
  4. BK 1.4 Arsitektur dan Masyarakat: faktor-faktor dan keterkaitan antara manusia, budaya, ekonomi dan kebijakan yang mempengaruhi arsitektur dan lingkungan perkotaan
  1. BK 1.1 Architecture, Art and Technology: architecture's relationship with art, science and technology based on theories and knowledge of art, science and technology
  2. BK 1.2 World Architectural History and Culture: the diversity of world architectural history and culture
  3. BK 1.3 Indonesian Architectural History and Traditions: the philosophy, architectural principles and cultural traditions of Indonesia's unique architecture
  4. BK 1.4 Architecture and Society: the factors and interrelationships between people, culture, economics and policy that influence architecture and the urban environment
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)
  1. Mampu menjelaskan konsep-konsep dan teorisasi tentang arsitektur sebagai peristiwa historis
  2. Mampu menjelaskan Fenomnea arsitektur dan lingkunganbinaan dengan menggunakan konsep Kritik Arsitektur  yang dipilih
  3. Mampu mengkritisi bangunan, lingkungan binaan, dan/atau pemikiran arsitektural, terutama dengan metoda deskriptif analisis, dengan mengkaitkan desain arsitektur terhadap dengan konteks jaman, budaya, lokasi dan tempatnya
  4. Mampu menjadikan ilmu sejarah arsitektur Indonesia dan dunia sebagai bahan melakukan kritik terhadap desain bangunan dan/atau lingkungan binaan , baik dengan menggunakan metode normatif, , interpretative maupun deskriptif
  5. Mampu menanggapi isu-isu arsitektur dan lingkungan binaan di Indonesia terkini
  6. Mampu mendiskusikan secara konstruktif dan adil isu-isu desain arsitektur (seperti konteks jaman, budaya, lokasi) dalam sebuah forum interaktif, lisan dengan baik, dan meyakinkan
  7. Mampu menanggapi secara kritis fenomena arsitektur atau lingkungan binaan, dan/atau pemikiran arsitektural dengan menggunakan satu atau lebih kasus dengan tema kritik yang spesifik.
  8. Mampu menyajikan kajian kritisnya secara tertulis dan lisan dengan baik dan benar dan memberi wawasan yang baik bagi pedengar dan pembacanya.
  1. Able to explain concepts and theorisations about architecture as a historical event.
  2. Able to explain architectural phenomena and built environment by using the chosen concept of architecture criticism.
  3. Able to criticise buildings, the built environment, and/or architectural thinking, especially with descriptive analysis methods, by relating architectural designs to the context of the era, culture, location and place.
  4. Able to use the knowledge of Indonesian and world architectural history as material for criticising building designs and/or the built environment, either by using normative, interpretative or descriptive methods.
  5. Able to respond to current issues of architecture and the built environment in Indonesia
  6. Able to discuss constructively and fairly architectural design issues (such as the context of time, culture, location) in an interactive forum, orally well, and convincingly.
  7. Able to respond critically to architectural or built environment phenomena, and/or architectural thinking by using one or more cases with specific themes of criticism.
  8. Able to present his/her critical studies in writing and orally well and correctly and provide good insights for listeners and readers.
Metode PembelajaranKuliah Tatap Muka Kuliah Tamu Diskusi Kelompok Studi Kasus Pembelajaran berbasis MasalahFace-to-Face Lectures Guest Lecture Group Discussion Case Study Problem-based Learning
Modalitas PembelajaranBauran Sinkron dan Asinkron Diskusi Pembelajaran KolaboratifSynchronous and Asynchronous Mix Collaborative Learning Discussion
Jenis NilaiABCDE
Metode PenilaianUjian Tengah Semester (UTS) Ujian Akhir Semester (UAS)Mid Semester Exam (UTS) End Semester Exam (UAS)
Catatan Tambahan