Kode Mata KuliahAR4121 / 3 SKS
Penyelenggara152 - Architecture / SAPPK
KategoriLecture
Bahasa IndonesiaEnglish
Nama Mata KuliahPengantar BIM dan Manajemen InformasiIntroduction to BIM and Information Management
Bahan Kajian
  1. BK 1.1 Arsitektur, Seni dan Teknologi: hubungan arsitektur dengan seni, ilmu pengetahuan dan teknologi berdasarkan teori dan pengetahuan tentang seni, ilmu pengetahuan dan teknologi
  2. BK 3.5 Konstruksi Bangunan dan Manajemen Konstruksi: persyaratan sumber daya fisik, manusia, dan teknis, serta penganggaran yang diperlukan untuk konstruksi bangunan, dan pemahaman berbagai metode pelaksanaan proyek, proses konstruksi, dan manajemen konstruksi.
  1. BK 1.1 Architecture, Art and Technology: architecture's relationship with art, science and technology based on theories and knowledge of art, science and technology
  2. BK 3.5 Building Construction and Construction Management: the physical, human, and technical resource requirements and budgeting necessary for building construction, and an understanding of various project execution methods, construction processes, and construction management.
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)
  1. Mampu memahami dan menjelaskan konsep dan teknologi utama BIM dan perannya dalam siklus hidup bangunan
  2. Mampu mengembangkan keterampilan pengelolaan dan pemanfaatan data model BIM secara efektif di berbagai siklus daur hidup bangunan gedung
  3. Mampu berkolaborasi dan berkoordinasi menggunakan software BIM dengan berbagai pemangku kepentingan proyek
  1. Able to understand and explain key BIM concepts and technologies and their role in the building life cycle
  2. Able to develop skills to effectively manage and utilise BIM model data across various building lifecycle cycles
  3. Able to collaborate and coordinate using BIM software with various project stakeholders
Metode PembelajaranCeramah Diskusi Kelompok Pembelajaran Berbasis Proyek / Project-Based Learning (PjBL) Bermain Peran dan Simulasi / Role-play and SimulationCeramah Diskusi Kelompok Pembelajaran Berbasis Proyek / Project-Based Learning (PjBL) Bermain Peran dan Simulasi / Role-play and Simulation
Modalitas PembelajaranLuring Sinkron Bauran/Daring AsinkronSynchronous Offline Asynchronous Blended/Online
Jenis NilaiABCDE
Metode PenilaianKuis, Tugas Kelompok, UTS, dan UASQuizzes, group assignments, mid-term tests, and final exams
Catatan Tambahan-