Kode Mata Kuliah | TK7004 / 5 SKS |
---|
Penyelenggara | 330 - Chemical Engineering / FTI |
---|
Kategori | Final Project / Thesis / Dissertation |
---|
| Bahasa Indonesia | English |
---|
Nama Mata Kuliah | Penyusunan Proposal Penelitian | Research Proposal |
---|
Bahan Kajian | - Topik-topik terkait penelitian
- Refine hasil yang diperoleh dari Metodologi
- Konsep SMART (specific, measurable, achievable, relevant, time/fund-bound)
- Enhanced SOTA (state-of-the-art)
- Preliminary result yang mendukung hipotesis
| - Research related topics
- Refine the results obtained from the Methodology
- SMART concept (specific, measurable, achievable, relevant, time/fund-bound)
- Enhanced SOTA (state-of-the-art)
- Preliminary result yang mendukung hipotesis
|
---|
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK) | - Mampu menyusun sebuah proposal penelitian
- Memahami pilar filsafat ilmu pengetahuan, yaitu ontologi, epistemologi dan aksiologi.
- Memahami perbedaan sains dan teknologi, invensi dan inovasi.
- Memahami dan menerapkan kemampuan analisa dan evaluasi untuk menjelaskan posisi bangsa dalam kemajuan ilmu dan teknologi.
- Memahami dan menerapkan kemampuan analisa dan evaluasi untuk menjelaskan permasalahan bangsa dan mengusulkan penyelesaiannya.
| - Able to prepare a research proposal
- Understand the pillars of the philosophy of science, namely ontology, epistemology and axiology.
- Understand the difference between science and technology, invention and innovation.
- Understand and apply analytical and evaluation skills to explain the nation's position in scientific and technological progress.
- Understand and apply analytical and evaluation skills to explain the nation's problems and propose solutions.
|
---|
Metode Pembelajaran | Diskusi
Kerja mandiri
Pembelajaran berbasis proyek | Discussion
Independent work
Project-based learning |
---|
Modalitas Pembelajaran | Luring | Offline |
---|
Jenis Nilai | ABCDE |
---|
Metode Penilaian | Tugas = 50%
Presentasi = 50% | Assignment = 50%
Presentation = 50% |
---|
Catatan Tambahan | | |
---|