Kode Mata Kuliah | FI2251 / 2 SKS |
---|
Penyelenggara | 102 - Physics / FMIPA |
---|
Kategori | Lecture |
---|
| Bahasa Indonesia | English |
---|
Nama Mata Kuliah | Biofisika | Biophysics |
---|
Bahan Kajian | - Potensial kimia dan transport aktif
- Konduksi impuls dalam sistem syaraf
- Perubahan fisis dalam otot
- Aspek fisis paru-paru dan pernafasan
- Aspek fisis system kardiovaskular
- Perambatan sinyal pada sel saraf
- Aspek fisis telinga dan pendengaran
- Aspek fisis mata dan penglihatan
- Radiasi ultrasonik, radiasi elektromagnetik, interaksi radiasi dengan materi
- Penentuan struktur biomolekul, teknik perunut radioaktif
| - Chemical potential and active transport
- Impulse conduction in the nervous system
- Physical changes in muscles
- Physical aspects of the lungs and breathing
- Physical aspects of the cardiovascular system
- Signal propagation in nerve cells
- Physical aspects of the ear and hearing
- Physical aspects of the eye and vision
- Ultrasonic radiation, electromagnetic radiation, interaction of radiation with matter
- Determination of biomolecular structure, radioactive tracer technique
|
---|
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK) | - CO1 Mahasiswa mampu untuk menjelaskan konduksi impuls pada sistem syaraf dan menganalisa perpindahan aktif/pasif
- CO2 Mahasiswa mampu untuk memberikan paparan dan menjelaskan mengenai kontraksi otot yang terjadi karena perubahan kondisi fisik pada otot lurik
- CO3 Mahasiswa mampu untuk memberikan paparan mengenai struktur dan fungsi dari telinga pada proses pendengaran
- CO12 Mahasiswa mampu menerapkan metodologi fisika dalam bidang biologi
- CO4 Mahasiswa mampu untuk memberikan paparan mengenai struktur dan fungsi dari mata pada proses pengelihatan
- CO5 Mahasiswa mampu untuk memberikan paparan mengenai struktur dan fungsi dari jantung pada sistem sirkulasi darah
- CO6 Mahasiswa mampu untuk memberikan paparan mengenai struktur dan fungsi dari sistem pernafasan
- CO7 Mahasiswa mampu untuk memberikan paparan mengenai radiasi ultrasonik dan radiasi elektromagnetik dan efeknya pada sistem biologi
- CO8 Mahasiswa mampu untuk memberikan paparan mengenai struktur dan fungsi dari biomolekul
- CO9 Mahasiswa mampu memodelkan kerja dari paru-paru
- CO10 Mahasiswa mampu menginterpretasikan data tingkat pendengaran berdasarkan pure tone audiometer
- CO11 Mahasiswa mampu menentukan parameter dari kerja jantung
- CO13 Dapat memperluas wawasan ilmu dan metodologi fisika dalam bidang biologi
| - CO1 Students are able to explain impulse conduction in the nervous system and analyze active/passive transfer
- CO2 Students are able to provide exposure and explain muscle contractions that occur due to changes in physical conditions in striated muscles
- CO3 Students are able to provide an explanation of the structure and function of the ear in the hearing process
- CO12 Students are able to apply physics methodology in the field of biology
- CO4 Students are able to provide an explanation of the structure and function of the eye in the vision process
- CO5 Students are able to provide exposure to the structure and function of the heart in the blood circulation system
- CO6 Students are able to provide exposure to the structure and function of the respiratory system
- CO7 Students are able to provide exposure to ultrasonic radiation and electromagnetic radiation and their effects on biological systems
- CO8 Students are able to provide exposure to the structure and function of biomolecules
- CO9 Students are able to model the work of the lungs
- CO10 Students are able to interpret hearing level data based on a pure tone audiometer
- CO11 Students are able to determine the parameters of the heart's work
- CO13 Can broaden the knowledge and methodology of physics in the field of biology
|
---|
Metode Pembelajaran | Luring/Bauran | Offline/Mixed |
---|
Modalitas Pembelajaran | Kombinasi ceramah dan diskusi, pembelajaran berbasis riset (research based learning RBL), tugas kelompok, kuis, dan pembelajaran kooperatif | A combination of lectures and discussions, research-based learning (RBL research-based learning), group assignments, quizzes and cooperative learning |
---|
Jenis Nilai | ABCDE |
---|
Metode Penilaian | Ujian Tengah Semester 25%, Ujian Akhir Semester 25%, PR 15%, Kuis 15%, RBL 20% | Midterm Exam 25%, Final Exam 25%, Homework 15%, Quiz 15%, RBL 20% |
---|
Catatan Tambahan | MKPB | |
---|