| Kode Mata Kuliah | FI2251 / 2 SKS | 
|---|
| Penyelenggara | 102 - Physics / FMIPA | 
|---|
| Kategori | Lecture | 
|---|
|  | Bahasa Indonesia | English | 
|---|
| Nama Mata Kuliah | Biofisika | Biophysics | 
|---|
| Bahan Kajian | Potensial kimia dan transport aktifKonduksi impuls dalam sistem syarafPerubahan fisis dalam ototAspek fisis paru-paru dan pernafasanAspek fisis system kardiovaskularPerambatan sinyal pada sel sarafAspek fisis telinga dan pendengaranAspek fisis mata dan penglihatanRadiasi ultrasonik, radiasi elektromagnetik, interaksi radiasi dengan materiPenentuan struktur biomolekul, teknik perunut radioaktif
 | Chemical potential and active transportImpulse conduction in the nervous systemPhysical changes in musclesPhysical aspects of the lungs and breathingPhysical aspects of the cardiovascular systemSignal propagation in nerve cellsPhysical aspects of the ear and hearingPhysical aspects of the eye and visionUltrasonic radiation, electromagnetic radiation, interaction of radiation with matterDetermination of biomolecular structure, radioactive tracer technique
 | 
|---|
| Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK) | CO1 Mahasiswa mampu untuk menjelaskan konduksi impuls pada sistem syaraf dan menganalisa perpindahan aktif/pasifCO2 Mahasiswa mampu untuk memberikan paparan dan menjelaskan mengenai kontraksi otot yang terjadi karena perubahan kondisi fisik pada otot lurikCO3 Mahasiswa mampu untuk memberikan paparan mengenai struktur dan fungsi dari telinga pada proses pendengaranCO12 Mahasiswa mampu menerapkan metodologi fisika dalam bidang biologiCO4 Mahasiswa mampu untuk memberikan paparan mengenai struktur dan fungsi dari mata pada proses pengelihatanCO5 Mahasiswa mampu untuk memberikan paparan mengenai struktur dan fungsi dari jantung pada sistem sirkulasi darahCO6 Mahasiswa mampu untuk memberikan paparan mengenai struktur dan fungsi dari sistem pernafasanCO7 Mahasiswa mampu untuk memberikan paparan mengenai radiasi ultrasonik dan radiasi elektromagnetik dan efeknya pada sistem biologiCO8 Mahasiswa mampu untuk memberikan paparan mengenai struktur dan fungsi dari biomolekulCO9 Mahasiswa mampu memodelkan kerja dari paru-paruCO10 Mahasiswa mampu menginterpretasikan data tingkat pendengaran berdasarkan pure tone audiometerCO11 Mahasiswa mampu menentukan parameter dari kerja jantungCO13 Dapat memperluas wawasan ilmu dan metodologi fisika dalam bidang biologi
 | CO1 Students are able to explain impulse conduction in the nervous system and analyze active/passive transferCO2 Students are able to provide exposure and explain muscle contractions that occur due to changes in physical conditions in striated musclesCO3 Students are able to provide an explanation of the structure and function of the ear in the hearing processCO12 Students are able to apply physics methodology in the field of biologyCO4 Students are able to provide an explanation of the structure and function of the eye in the vision processCO5 Students are able to provide exposure to the structure and function of the heart in the blood circulation systemCO6 Students are able to provide exposure to the structure and function of the respiratory systemCO7 Students are able to provide exposure to ultrasonic radiation and electromagnetic radiation and their effects on biological systemsCO8 Students are able to provide exposure to the structure and function of biomoleculesCO9 Students are able to model the work of the lungsCO10 Students are able to interpret hearing level data based on a pure tone audiometerCO11 Students are able to determine the parameters of the heart's workCO13 Can broaden the knowledge and methodology of physics in the field of biology
 | 
|---|
| Metode Pembelajaran | Luring/Bauran | Offline/Mixed | 
|---|
| Modalitas Pembelajaran | Kombinasi ceramah dan diskusi, pembelajaran berbasis riset (research based learning RBL), tugas kelompok, kuis, dan pembelajaran kooperatif | A combination of lectures and discussions, research-based learning (RBL research-based learning), group assignments, quizzes and cooperative learning | 
|---|
| Jenis Nilai | ABCDE | 
|---|
| Metode Penilaian | Ujian Tengah Semester 25%, Ujian Akhir Semester 25%, PR 15%, Kuis 15%, RBL 20% | Midterm Exam 25%, Final Exam 25%, Homework 15%, Quiz 15%, RBL 20% | 
|---|
| Catatan Tambahan | MKPB |  | 
|---|