Kode Mata Kuliah | FI4003 / 2 SKS |
---|
Penyelenggara | 102 - Physics / FMIPA |
---|
Kategori | Lecture |
---|
| Bahasa Indonesia | English |
---|
Nama Mata Kuliah | Penyelesaian Problem dalam Fisika | Problem Solving in Physics |
---|
Bahan Kajian | - Pengenalan Penyelesaian Problem dalam Fisika
- Problem dengan satu konsep
- Problem dengan multi konsep
- Estimasi dan Orde Besar
- Problem dengan parameter tak tentu
- Pemodelan Matematika
- Perancangan Berbasis Fisika
| - Introduction to Problem Solving in Physics
- Problem with one concept
- Problems with multiple concepts
- Estimates and Large Orders
- Problems with uncertain parameters
- Mathematical Modeling
- Physics Based Design
|
---|
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK) | - Mampu mengidentifikasi konsep-konsep Fisika yang diperlukan untuk memecahkan problem yang diberikan
- Mampu memformulasikan langkah penyelesaian problem fisis yang diberikan menggunakan pengetahuan fisika yang dimiliki
- Mampu menentukan solusi dari problem fisis yang diberikan
- Mampu menganalisa solusi yang didapat dari problem fisis yang diberikan
- Mampu menyampaikan argumentasi penyelesaian problem secara lisan dan tulisan dengan runut dan benar
- Menunjukkan keaktifan dan kontribusi kepada proses pembelajaran baik dalam kerja mandiri maupun dalam kelomplok
- Mampu mengaplikasikan pengetahuan fisika yang dimiliki untuk memecahkan problem secara holistik
- Menunjukkan karakter ilmuwan dalam unjuk kerjanya melalui kreativitas, penghargaan pada pendapat lain dan kejujuran
- Mampu mensintesa pengetahuan yang dimiliki untuk menyelesaikan suatu problem fisis yang lebih rumit (sophisticated)
| - Able to identify physics concepts needed to solve given problems
- Able to formulate steps to solve given physical problems using existing physics knowledge
- Able to determine solutions to given physical problems
- Able to analyze solutions obtained from given physical problems
- Able to convey problem solving arguments verbally and in writing coherently and correctly
- Demonstrate activeness and contribution to the learning process both in independent work and in groups
- Able to apply existing physics knowledge to solve problems holistically
- Demonstrate the character of a scientist in his work performance through creativity, respect for other opinions and honesty
- Able to synthesize the knowledge possessed to solve a more complicated physical problem (sophisticated)
|
---|
Metode Pembelajaran | Ceramah, Pembelajaran berbasis masalah, Pembelajaran berbasis proyek, Pembelajaran berbasis kasus, Pembelajaran berbasis kolaborasi | Lectures, Problem-based learning, Project-based learning, Case-based learning, Collaboration-based learning |
---|
Modalitas Pembelajaran | Luring Sinkron, Bauran/Daring Asinkron | Synchronous Offline, Asynchronous Mixed/Online |
---|
Jenis Nilai | ABCDE |
---|
Metode Penilaian | Tugas, Ujian Tengah Semester, Ujian Akhir Semester | Assignments, Midterm Exams, Final Semester Exams |
---|
Catatan Tambahan | MKWP | |
---|