Kode Mata KuliahPP2201 / 3 SKS
Penyelenggara119 - Postharvest Technology / SITH
KategoriLecture
Bahasa IndonesiaEnglish
Nama Mata KuliahMikrobiologi Pasca PanenPostharvest Microbiology
Bahan Kajian
  1. Mikroorganisme pada produk Pasca Panen
  2. Pengaruh lingkungan terhadap pertumbuhan mikroba
  3. Teknik-teknik pengendalian mikroba
  4. Keamanan dan patogen pada pasca panen
  5. Analisis dan perhitungan mikrobiologis
  6. Inovasi dan teknologi mikrobiologi pasca panen
  1. Microorganisms in Post-Harvest products
  2. Environmental influence on microbial growth
  3. Microbial control techniques
  4. Post-harvest safety and pathogens
  5. Microbiological analysis and calculations
  6. Post-harvest microbiology innovation and technology
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)
  1. Mahasiswa mampu mendeskripsikan struktur sel dan fungsi mikroba serta pengaruhnya terhadap produk pascapanen
  2. Mahasiswa mampu menerangkan konsep metabolisme mikroba dan dapat mengkategorikan perbedaannya
  3. Mahasiswa mampu menghitung pertumbuhan mikroba
  4. Mahasiswa mampu mengkorelasikan aplikasi mikrobiologi dalam bidang pasca panenĀ 
  5. Mahasiswa mampu mengukur perubahan yang terjadi pada produk pasca panen sebagai akibat dari pertumbuhan mikroba dan menganalisis hasilnya
  6. Mahasiswa mampu menggunakan peralatan dasar laboratorium mikrobiologi sesuai dengan fungsinya
  7. Mahasiswa mampu mengaplikasikan keselamatan kerja di laboratorium dengan penggunaan peralatan keselamatan kerja laboratorium yang baik serta prosedur keselamatannya
  8. Mahasiswa mampu menjelaskan peran mikroba di dalam aplikasi proses pasca panenĀ 
  9. Mahasiswa mampu mengidentifikasi hubungan antara sains dan rekayasa serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.
  10. Mahasiswa mampu Mendemonstrasikan kemampuan bekerja dan berkomunikasi secara efektif di dalam kelompok
  1. Students are able to describe the cell structure and function of microbes and their influence on post-harvest products
  2. Students are able to explain the concept of microbial metabolism and can categorize the differences
  3. Students are able to calculate microbial growth
  4. Students are able to correlate the application of microbiology in the post-harvest field
  5. Students are able to measure changes that occur in post-harvest products as a result of microbial growth and analyze the results
  6. Students are able to use basic microbiology laboratory equipment according to its function
  7. Students are able to apply work safety in the laboratory by using good laboratory work safety equipment and safety procedures
  8. Students are able to explain the role of microbes in post-harvest process applications
  9. Students are able to identify the relationship between science and engineering and its application in everyday life.
  10. Students are able to demonstrate the ability to work and communicate effectively in groups
Metode Pembelajarankombinasi ceramah, diskusi antar kelompok, diskusi interaktif di kelas, dan praktikumA combination of lectures, discussions between groups, interactive discussions in class, and practicum
Modalitas PembelajaranVisual, Auditorial, Kinestetik, Verbal, Sosial, dan SoliterVisual, Auditory, Kinesthetic, Verbal, Social, and Solitary
Jenis NilaiABCDE
Metode Penilaianujian tertulis, tugas, dan praktikumwritten exams, assignments, and practicals
Catatan Tambahan